24.9 C
New York
Wednesday, July 31, 2024

Serba Bisa, Damkar Siantar Amankan Ular dari Pemukiman Warga

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Tugas dan fungsi pemadam kebakaran (damkar) tidak hanya soal memadamkan api.

Damkar juga sering diandalkan masyarakat untuk mengatasi masalah-masalah krusial dan juga unik.

Seperti yang dilakukan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kota Pematangsiantar, berhasil menangkap seekor ular sawah dengan ukuran cukup besar dari areal pemukiman di Jalan Singosari, Kelurahan Banjar, Kecamatan Siantar Barat, pada Kamis (25/7/24) malam.

Baca juga:Sosialisasi Dinas Damkarmat, Pelajar Siantar Diajak Tanggap Antisipasi Kebakaran

Kepala Bidang (Kabid) Pemadaman dan Penyelamatan Dinas Damkarmat Kota Pematangsiantar, Josua Sihaloho membenarkan penangkapan ular tersebut.

Ular dengan panjang sekitar 3,5 meter itu diamankan dari dalam parit di Jalan Singosari. Penangkapan dilakukan setelah membongkar cor penutup parit. Personel damkar pun berhasil mengevakuasi ular dengan alat jepit milik damkar.

“Awalnya mendapat telepon dari warga, dan benar kita membantu untuk menangkap ular. Kita temukan di dalam parit,” ucap Josua, pada Jumat (26/7/24) malam.

Usai penangkapan ular besar itu, warga pun mengapresiasi para personel damkar, dan mengabadikan momen dengan foto bersama ular sawah yang meresahkan.

Baca juga:Sampah Terbakar di Banjar Buat Heboh, 4 Mobil Damkar Siantar Diturunkan  

Dilanjutkan Josua, pihaknya tetap siap menindaklanjuti informasi yang diberikan masyarakat, selama itu benar dan akurat.

Selain musibah kebakaran, masyarakat juga bisa menghubungi Dinas Damkarmat dalam keadaan darurat lainnya, seperti evakuasi ular, biawak, sarang tawon, cincin tidak bisa lepas, dan permasahalan lainnya.

Dia menegaskan, memanggil damkar tidak dipungut biaya apapun atau gratis. “Panggil kita melalui call center. Kita akan datang,” tutup Josua. (roland/hm16)

Related Articles

Latest Articles