20.2 C
New York
Friday, July 26, 2024

Ini Lokasi 3 RS Swasta Klaim BPJS Kesehatan Fiktif

Jakarta, MISTAR.ID

Terungkap lokasi Rumah Sakit (RS) yang disinyalir melakukan fraud klaim ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Deputi Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Pahala Nainggolan mengungkapkan jika RS itu ada di 3 lokasi, yakni Kota Magelang, Kota Binjai, dan Kabupaten Langkat.

“Ini RS swasta dari Magelang, Binjai dan Langkat,” sebutnya melalui pesan singkat, pada Jumat (26/7/24).

Baca juga:KPK Yakin RS Pemerintah Ikut Lakukan Klaim Fiktif ke BPJS

Pahala menyebutkan, RS di Magelang diduga melaksanakan fraud dengan jumlah sebesar Rp 29 miliar. Sedangkan RS di Binjai mencapai Rp 4 miliar dan Langkat sebesar Rp 1 miliar.

Sebelumnya, lembaga antirasuah itu dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), serta BPJS Kesehatan membeberkan temuan kecurangan laporan keuangan terkait JKN.

Ketiga RS yang disangkakan mengajukan klaim tagihan fiktif ke BPJS kesehatan. Satu RS di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan 2 lagi di Sumatera Utara (Sumut).

Baca juga:Klaim Fiktif BPJS, di Sumut Ditemukan ada 2 RS Swasta

Disebutkan, ketiga RS memakai modus phantom billing. Phantom billing atau tagihan fiktif dilakukan dengan cara menagih biaya perawatan pada BPJS, padahal sama sekali tidak melakukan perawatan.

Identitas pasien cuma dicatut untuk keperluan penagihan klaim ini. Dampak tindakan RS itu menimbulkan kerugian BPJS hingga Rp 34 miliar.

KPK bakal membawa perkara itu ke ranah pidana. Pihak Kemenkes menyiapkan sanksi terhadap RS dan tenaga kesehatan (nakes) yang terbukti terlibat dalam kasus tersebut. (cnbc/hm16)

Related Articles

Latest Articles