23.8 C
New York
Friday, July 26, 2024

Beasiswa Cendekia Baznas 2024 Dibuka hingga 4 Agustus, Ini Syaratnya!

Medan, MISTAR.ID

Program Beasiswa Cendekia Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kembali dibuka untuk mahasiswa aktif semester 5 S1/D4 dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00 dari skala 4.00.

Berdasarkan informasi melalui laman resmi instagram ditmawalumniusu dijelaskan, bahwa beasiswa ini dibuka mulai dari 23 Juli 2024 hingga 4 Agustus 2024 dan tidak sedang mendapatkan beasiswa serupa dari instansi lainnya.

Sementara itu, mahasiswa akan menerima subsidi Uang Kuliah Tunggal (UKT) hingga Rp 3 juta per semester dan mendapat pengembangan diri bersama mentor beasiswa BAZNAS. Selain itu, Program beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa tingkat D4 dan S1 yang sedang menempuh studi di kampus mitra.

Baca juga: Tahun Ini Kemenag Buka 1.000 Beasiswa S1 Hingga S3

Selain itu untuk waktu seleksi administrasi dan berkas akan berlangsung mulai tanggal 5-18 Agustus 2024. Sedangkan waktu sanggah 19-31 Agustus 2024 dan akan diumumkan pada 1 September 2024.

Namun mahasiswa harus memenuhi salah salah satu kriteria berikut ini :

1. Jurusan prioritas bidang STEM : Komputer, Profesi (kedokteran, psikologi, keperawatan, farmasi) Teknik, Akuntansi, Statistika, dan Komunikasi.
2. Jurusan prioritas bidang ke-syariah an : Diutamakan jurusan ekonomi syariah dan hukum syariah.

Baca juga:BI Gandeng Universitas Simalungun Beri Beasiswa ke Mahasiswa Berprestasi

3. Prestasi : memiliki prestasi nasional dan internasional (direkomendasikan yang telah tercatat di pusat prestasi nasional (Puspresnas Kemdikbud).
4. Wirausaha : memiliki usaha pribadi yang sudah berjalan minimal 6 bulan.
5. Aktivitas : Menjadi pengurus organisasi kemahasiswaan minimal pada tingkat jurusan atau organisasi kepemudaan/masyarakat.
Selain itu, adapun dokumen persyaratan yang harus dipenuhi yakni :

1. Pas foto terbaru/berwarna
2. KTP dan Kartu Keluarga
3. Transkrip nilai IPK terakhir
4. Memiliki surat rekomendasi dari tokoh masyarakat, pengurus masjid atau BAZNAS di kabupaten/kota (pilih salah satu saja)
5. Surat pernyataan pendaftar beasiswa
6. Esai dengan tema “Kontribusiku Menjadi Generasi Zakat. (dinda/hm17)

Related Articles

Latest Articles