26.9 C
New York
Friday, July 26, 2024

PBB Desak Bangladesh Transparan Jumlah Korban Kerusuhan

Istanbul, MISTAR.ID

Kerusuhan yang terjadi di Bangladesh menyebabkan ratusan orang tewas. Kerusuhan ini disebabkan aksi protes dari mahasiswa yang menuntut untuk mengubah sistem kuota pada pekerjaan layanan publik.

Dimana menurut mahasiswa sistem kuota tersebut tidak adil di negara Asia Selatan itu.

Menyoroti hal ini, Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia, Volker Turk, mendesak Bangladesh untuk mengungkapkan rincian lengkap mengenai korban tewas dan korban kekerasan dalam protes itu.

Dalam pernyataan video, Turk menekankan perlunya juga transparansi mengenai jumlah korban yang dipenjara demi kepentingan keluarga terdampak. Ia juga mendesak pemulihan akses internet penuh untuk komunikasi gratis.

Baca juga: Pemberlakuan Jam Malam dan Pemadaman Internet Masih Berlangsung di Bangladesh

Dia juga mengungkapkan perlu dilakukannya penyelidikan yang tidak memihak dan independen terhadap semua dugaan pelanggaran hak asasi manusia.

Serta pentingnya membangun kembali kepercayaan publik dan memastikan aparat keamanan bertindak sesuai standar hak asasi manusia internasional.

Turk mencatat akibat aksi protes ini menyebabkan 170 orang tewas, lebih dari 1.000 orang terluka dan banyak orang hilang. Selain itu, dua jurnalis terbunuh, ratusan lainnya, termasuk tokoh oposisi, ditangkap.

Menurut harian lokal Prothom Alo, korban tewas mencapai 201 orang akibat akibat luka tembak selama aksi protes berlangsung. (ant/hm25)

Related Articles

Latest Articles