26.9 C
New York
Friday, July 26, 2024

China Rencanakan Pengembangan Pusat Data yang Ramah Lingkungan

Beijing, MISTAR.ID

Guna meningkatkan tingkat pemanfaatan energi terbarukan di pusat-pusat data sebesar 10 persen per tahun.

China meluncurkan rencana pengembangan pusat data yang ramah lingkungan untuk mempercepat transisi rendah karbon di sektor tersebut.

Ditargetkan per 2025 mendatang rata-rata sebuah metrik di pusat-pusat data untuk efisiensi energi akan diturunkan menjadi kurang dari 1,5. Rencana papar aksi tersebut akan dikeluarkan bersama oleh Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional China, Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China, serta dua biro pusat belum lama ini.

Baca juga: Difasilitasi China, Hamas dan Fatah Setuju Berdamai

Sebagai infrastruktur penting untuk pengembangan kekuatan produktif berkualitas baru, pusat-pusat data termasuk ke dalam sektor yang penggunaan energinya tumbuh pesat di China. Penggunaan energi di pusat-pusat data di negara itu diperkirakan akan meningkat 15 persen setiap tahunnya.

Rencana aksi itu juga mengemukakan bahwa pada akhir 2030, pusat data di seluruh China akan mencatatkan angka PUE rata-rata serta efisiensi energi dan karbon per unit daya komputasi mencapai level maju secara internasional, dengan tingkat pemanfaatan energi terbarukan yang semakin meningkat.

Untuk itu, China akan meningkatkan tata letak pusat-pusat data. Memfasilitasi penghematan energi. Serta mendorong penerapan teknologi dan peralatan hemat energi, serta memperketat persyaratan efisiensi sumber daya energi dan air untuk proyek-proyek baru, dan transformasi pengurangan karbon pada proyek-proyek yang sudah ada. (ant/hm25)

Related Articles

Latest Articles