23.3 C
New York
Wednesday, July 24, 2024

Bisa Sebabkan Faringitis, Ini Tips Menjaga Kesehatan saat Cuaca Panas

Medan, MISTAR.ID

Beberapa hari terakhir, Kota Medan dan sekitarnya sedang dilanda cuaca panas. Kondisi ini pula dapat memberikan efek pada tubuh manusia.

Spesialis Telinga, Hidung, Tenggorokan (THT) Rumah Sakit (RS) Mitra Medika Amplas, Muhammad Edy Syahputra menuturkan efek udara panas berlebih pada cuaca ekstrim dapat menyebabkan faringitis.

“Faringitis yang disebut juga radang tenggorokan atau panas dalam bisa juga disebabkan oleh penyebab non-infeksi seperti suhu udara panas dan kelembaban udara yang rendah,” jelasnya melalui keterangan tertulis, Rabu (24/7/24).

Baca juga : Gerak Semu Matahari Penyebab Cuaca Panas di Kota Medan Beberapa Hari Terakhir

Suhu dan kelembaban udara, lanjutnya, dapat mempengaruhi selaput mukosa tenggorokan.

“Hal ini dapat diperparah oleh polusi yang dapat menyebabkan iritasi dan radang di tenggorokan dan hidung,” sambungnya.

Menurutnya, faringitis dapat disebabkan juga oleh penyebab infeksi seperti virus atau bakteri. Dokter Rumah Sakit Bhayangkara TK II itu menyarankan agar minum air putih sebanyak 2 liter per hari dalam kondisi cuaca panas ini.

“Makan-makanan yang sehat dan bergizi. Termasuk mengkonsumsi sayur dan buah, berkumur dengan air hangat atau air garam, menghindari polusi dengan memakai masker, istirahat yang cukup dan rutin berolahraga untuk meningkatkan daya tahan tubuh,” tuturnya.

Related Articles

Latest Articles