25.6 C
New York
Wednesday, July 24, 2024

Alasan Atlet Israel Dijaga Ketat Selama Olimpiade Paris 2024

Paris, MISTAR.ID

Menteri Dalam Negeri Prancis, Gerald Darmanin menyatakan jika atlet Israel akan mendapat penjagaan ketat selama Olimpiade Paris 2024. Hal ini dilakukan sebagai bentuk jaminan keselamatan para atlet. Mengingat, adanya ketegangan geopolitik terkait konflik di Gaza.

“Saya menekankan kepada Unit Taktis Polisi Elit Prancis untuk menjaga delegasi Israel selama 24 jam penuh. Mulai dari kedatangannya di Prancis hingga kepulangannya,” ujar Darmanin, seperti dilansir dari CNN Indonesia, Rabu (24/7/24).

Pengawalan ketat terhadap atlet Israel ini juga bertujuan untuk mencegah terulangnya tragedi di Olimpiade Munich 1972, di mana 11 atlet Israel dibunuh oleh militan Palestina.

“Langkah pengamanan ini merupakan upaya preventif untuk memastikan keselamatan delegasi Israel selama diselenggarakannya olimpiade,” tambahnya.

Baca juga: 4.000 Orang Dilarang Menghadiri Olimpiade Paris 2024

Tindakan pengamanan ketat ini juga dikarenakan adanya pernyataan kontroversial dari anggota parlemen Prancis, Thomas Portes.

“Tinggal hitungan hari acara internasional akan diselenggarakan di Paris, yaitu Olimpiade. Saya di sini ingin mengatakan bahwa delegasi Israel tidak diterima di Paris,” ungkap Thomas belum lama ini.

Sedangkan Menteri Luar Negeri Prancis, Stephane Sejourne juga dengan tegas menerima atlet Israel di Prancis selama Olimpiade 2024.

“Saya ingin mengatakan atas nama Prancis, kepada delegasi Israel, kami menyambut Anda di Prancis untuk Olimpiade,” kata Sejourne. (cnn/hm20)

Related Articles

Latest Articles