24.9 C
New York
Tuesday, July 23, 2024

Tipu Puluhan Orang, Pria 22 Tahun Diboyong ke Polsek Delitua 

Medan, MISTAR.ID

Fajar Syahputra (22) digelandang puluhan warga ke Polsek Delitua, Selasa (23/7/24) malam. Pria yang beralamat di Jalan Starban Gang Imam, Kecamatan Medan Polonia itu dipolisikan karena diduga melakukan penipuan terhadap puluhan orang.

Modusnya, pria yang membuka home industry Frozen itu membuka lapangan pekerjaan melalui banyak situs.

“Dia buat lowongan kerja di OLX, Facebook dan secara langsung dari mulut ke mulut,” kata salah seorang korban, M Rivaldi (20), warga Jalan Karya Jaya/Eka Jaya Keluarga, Gang Lembah, Kelurahan Gedung Johor, Kecamatan Medan Johor.

Dalam menerima karyawan, pria yang membuka home industri di Jalan Karya Jaya/Eka Jaya Keluarga, Gang Lembah, itu memungut biaya sebesar Rp330 ribu per pelamar.

Soal gaji, Fajar menjanjikan upah beragam terhadap karyawannya, sesuai tugas dan fungsinya.

“Kalau aku sebagai kurir, gaji ku katanya Rp3,3 juta per bulan dan uang minyak Rp20 ribu per hari. Kalau admin dijanjikan Rp6 juta per bulan. Pengawas juga dijanjikan Rp6 juta per bulan,” sambung Rivaldi.

Baca Juga : Kasus Penipuan SHM Tersangka Nina Wati, JPU Minta Polda Sumut Lengkapi Berkas

Dalam menjalani pekerjaan sehari-hari, para korban yang diketahui sebanyak 47 orang itu mulai gelisah dan curiga.

Pasalnya, Fajar yang diawal berjanji akan memberikan uang minyak per dua minggu sekali tidak kunjung menepati. Puluhan karyawannya itu pun berulang kali menanyakannya kepada sang owner.

“Asal kami tanya uang minyak, dia ngulur terus. Awalnya katanya 2 minggu sekali, terus ditanya lagi katanya nanti aja sekalian gajian. Pokoknya ngulur terus waktunya,” beber Rivaldi.

Terakhir, Fajar menjanjikan pada karyawannya bahwa salah seorang investor akan mengirimkan uang sebesar Rp880 juta. Saat uang itu tiba, dirinya berjanji akan bayar uang minyak dan gaji seluruh karyawannya itu.

“Dijanjikan tanggal 24 atau 25 bulan ini mau dikasih investor Rp880 juta. Kami sudah nggak percaya lagi. Banyak kali cakapnya,” sebutnya.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles