22 C
New York
Tuesday, July 23, 2024

Imbauan Belanja Bijak, Salah Satu Langkah Kendalikan Inflasi di Siantar

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Wali Kota Pematangsiantar, Susanti Dewayani menyampaikan pemaparan upaya pengendalian maupun penekanan inflasi. Salah satunya, dengan mengimbau masyarakat untuk bijak dalam berbelanja.

Hal itu disampaikan saat hadir pada acara launching Gerakan Penanganan Inflasi Serentak se-Sumatera Utara (Sumut) bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Aula Tengku Rizal Nurdin, rumah dinas Gubernur, pada Selasa (23/7/24).

Di hadapan Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Agus Fatoni dan kepala daerah lainnya, Susanti bilang beberapa langkah pengendalian inflasi Juni 2024 telah dilakukan. Di antaranya, rapat koordinasi dan rapat teknis Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Pematangsiantar dilakukan secara rutin.

Baca juga:Tingkatkan Perekonomian, Gerakan Pengendalian Inflasi Serentak di Sumut Digagas

Kemudian inspeksi mendadak (sidak) pasar dan monitoring harga secara berkala, Gerakan Menanam Serentak Bibit Padi yang anggarannya dari APBD Provinsi Sumut dan APBD Pemko Pematangsiantar. Bekerja sama dengan Bapanas melaksanakan Gerakan Pangan Murah, terutama menjelang hari-hari besar keagamaan.

Imbauan belanja bijak kepada masyarakat melalui berbagai kanal media sosial (medsos) dan membangun komunikasi kepada masyarakat agar tetap tenang ketika gejolak harga terus meningkat, serta intensifikasi pelaksanaan pasar murah untuk komoditas pangan dan komoditas lainnya yang sedang bergejolak di Kota Pematangsiantar.

Dikatakan, Juni 2024 Kota Pematangsiantar mengalami deflasi -0,55 persen. Sedangkan inflasi tahun kalender 2024 sebesar 1,68 persen, dan inflasi tahun ke tahun (y-to-y) sebesar 2,89 persen.

Baca juga:Pemprovsu Bahas Pengendalian Inflasi Bersama Kepala Daerah

Penyumbang utama deflasi Juni 2024, di antaranya daging ayam ras, bawang merah, tomat, sawi hijau, dan kangkung. Sementara itu, 5 komoditas penyumbang inflasi di bulan yang sama, di antaranya ikan dencis, perhiasan emas, wortel, cabai rawit, dan bakso siap santap.

“Karena di Kota Pematangsiantar kulinernya tumbuh menjamur hampir di seluruh sudut,” kata Susanti dalam siaran pers yang diterima wartawan.

Susanti menuturkan, TPID menggelar High Level Meeting (HLM) yang difasilitasi Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Pematangsiantar, pada Rabu (10/7/24) lalu.

Baca juga:Susanti Ingatkan TPID Siantar Jaga Inflasi Tetap Terkendali

Dari kegiatan tersebut terdapat sejumlah sejumlah kesimpulan, terutama untuk menekan inflasi di Kota Sapangambei Manoktok Hitei.

Sebelumnya, Pj Gubernur mengatakan, peresmian gerakan penanganan inflasi serentak merupakan komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut bersama Forkopimda dalam penanganan inflasi.

Gerakan tersebut sebagai upaya menyatukan kekuatan bergerak bersama, bergerak serentak menyatukan seluruh komponen, pemerintah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), instansi vertikal, swasta, dan elemen masyarakat untuk menangani inflasi secara bersama-sama. (jonatan/hm16)

Related Articles

Latest Articles