26.9 C
New York
Friday, July 26, 2024

173 Korban Tewas Dalam Kerusuhan di Bangladesh

Bangladesh, MISTAR.ID

Buntut kerusuhan di Bangladesh tercatat ada sekitar 173 orang tewas hingga Selasa (23/7/24). Selain itu, 1.200 orang ditangkap akibat kerusuhan tersebut.

Diketahui, kerusuhan yang terjadi antara mahasiswa dan aparat keamanan di India menyebabkan banyak kematian. Bahkan, India telah mengevakuasi lebih dari 4.500 mahasiswa dari Bangladesh di tengah aksi protes nasional tersebut, Minggu (21/7/24).

Dilansir, Kemenlu India mengevakuasi 500 mahasiswa dari Nepal, 38 dari Bhutan, dan satu orang dari Maladewa.

Protes terhadap sistem kuota pekerjaan publik oleh pemerintah Bangladesh meningkat pekan lalu setelah bentrokan kekerasan di Universitas Dhaka.

Baca juga: Pengadilan Putuskan Kuota PNS di Bangladesh Turun 7 Persen

Sekitar 30 persen dari 56 persen kuota pekerjaan publik diperuntukkan bagi putra dan cucu mereka yang berpartisipasi dalam perang pembebasan Bangladesh pada 1971. Namun, para mahasiswa menolak meninggalkan kampus perguruan tinggi dan universitas.

Pemerintah bahkan melumpuhkan informasi dengan memadamkan jaringan internet di seluruh wilayah Bangladesh untuk membatasi pemakaian medsos dan layanan data seluler.

Pada Jumat (19/7), pihak berwenang Bangladesh bahkan memberlakukan jam malam di seluruh negeri untuk meredam aksi kekerasan. (cnn/hm25)

Related Articles

Latest Articles