22.4 C
New York
Tuesday, July 23, 2024

Skandal Tas Dior Senilai Rp35,6 Juta, Ibu Negara Korsel Diperiksa

Seoul, MISTAR.ID

Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul memeriksa ibu negara Korea Selatan, Kim Keon Hee pada Sabtu (20/7/24). pemeriksaan ini atas skandal tas tangan mewah Dior senilai 2.200 dollar AS atau Rp 35,6 juta.

Dilansir, Jaksa melakukan pemeriksaan tatap muka terhadap istri Presiden Yoon Suk Yeol itu.

Skandal tas ini diketahui dari beredarnya rekaman kamera tersembunyi yang tahun lalu, dalam rekaman itu memperlihatkan Kim Keon Hee menerima tas tangan mewah Dior. Kemudian oleh media lokal ia dijuluki skandal tas Dior.

Akibat skandal ini membuat kekalahan telak partainya di pemilu April karena gagal mengamankan mayoritas parlemen. Di Korea Selatan, pejabat publik dan pasangannya dilarang menerima hadiah apapun yang bernilai lebih dari 750 dolar AS atau Rp12,14 juta.

Baca juga: Korsel Mulai Produksi Senjata Laser Penembak Drone

Menurut ajudan Kim Keon Hee, ibu negara sudah menyuruhnya mengembalikan tas itu pada hari yang sama saat diterima, tetapi dia lupa melakukannya.

Sementara itu, Yoon menuding skandal ini bermotif politik dan mengklaim bahwa istrinya menerima tas karena sulit menolaknya.

Namun, Yoon kemudian meminta maaf dalam konferensi pers yang tak biasa pada Mei 2024, menyebut tindakan istrinya itu tidak bijaksana. Ini bukan kali pertama Kim Keon Hee mendapat sorotan tajam dari publik. Saat kampanye presiden Yoon, dia pernah meminta maaf atas kasus surat kepercayaan palsu. (kcm/hm25)

Related Articles

Latest Articles