23.4 C
New York
Monday, July 22, 2024

Harga Komoditas Pangan di Pasar Induk Lau Cih Berfluktuasi, Pengamat: Picu Deflasi

Medan, MISTAR.ID

Harga komoditas pangan di Pasar Induk Lau Cih selama bulan Juli 2024 mengalami fluktuasi cukup tajam.

Pantauan mistar.id, Senin (22/7/24), harga bawang merah Rp29.000/kg, bawang putih Rp38.000/kg, cabai merah Rp30.000/kg, daging ayam Rp29.000/kg.

Para pedagang di Pasar Induk Lau Cih, Adil mengatakan mereka mendapatkan pasokan dari berbagai daerah di Sumatera Utara dan sekitarnya.

Mayoritas komoditas pertanian seperti cabai dan bawang berasal dari petani lokal di Kabupaten Karo dan Deli Serdang. Sedangkan untuk daging ayam sebagian besar didatangkan dari peternakan di wilayah Serdang Bedagai.

Baca juga : Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok Kembali Turun di Sumut, Deflasi Akan Kembali Dibukukan

Faktor cuaca dan permintaan pasar menjadi penyebab utama dari perubahan harga ini. Harga cabai merah sempat mencapai Rp43.000/kg di awal bulan, kemudian turun ke Rp23.000/kg di pertengahan bulan akibat pasokan yang melimpah.

Seorang pedagang Pasar Induk, Adi (45) mengatakan fluktuasi harga komoditas bulan ini cukup ekstrim.

“Terutama cabai merah dan daging ayam. Kami mendapat pasokan dari petani lokal, jadi perubahan cuaca sangat mempengaruhi harga dan ketersediaan barang,” ucap Adi saat ditemui di Pasar Induk Lau Cih, Senin (22/7/24).

Sementara itu, pembeli Siti (37) mengaku sedikit resah dengan kenaikan harga komoditas seperti cabai dan daging ayam. Namun, mereka tetap memilih berbelanja di Pasar Lau Cih karena kualitas produknya di pasar ini dinilai lebih baik.

Related Articles

Latest Articles