22.3 C
New York
Monday, July 29, 2024

Delapan Klub Bola Pelajar SMP Ikuti Kompetisi GSI 2024

Langkat, MISTAR.ID

Delapan klub sepak bola pelajar tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) bertanding dalam Gala Siswa Indonesia (GSI) 2024 di Lapangan Bola Amir Hamzah, Senin (22/7/24) pagi. Mereka memperebutkan hadiah utama berupa uang pembinaan sebesar Rp10 juta dan tropi dan piagam penghargaan.

Kabid SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Langkat Gembira Ginting juga membeberkan uang pembinaan lainnya yang akan diterima juara 2 dan juara 3.

“Untuk juara 2, mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp7,5 juta dan 1 buah tropi tetap serta piagam penghargaan. Sementara, bagi juara 3 mendapatkan uang pembinaan Rp5 juta dan 1 buah tropi serta piagam penghargaan,” ujar Gembira.

Selain itu, untuk juara harapan akan diberikan uang pembinaan, tropi dan piagam penghargaan. Bagi kategori pemain dan penjaga gawang terbaik, supporting tim dan top skor juga mendapat uang pembinaan, tropi dan piagam penghargaan.

Baca juga: Marselino Ferdinan Belum Ungkap Nama Klub Barunya

Sedangkan Sekda Langkat Amril juga menyampaikan kompetisi GSI dalam rangka membekali peserta didik sebagai generasi emas Indonesia tahun 2045. Serta perwujudan pelajar Pancasila yang memiliki kompetisi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

“Pemerintah, melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayan, Riset dan Teknologi telah menyusun berbagai kebijakan dan strategi. Salah satunya dengan menyelenggarakan kegiatan GSI bagi peserta didik SMP tahun 2024,” terang Amril.

Kegiatan itu, kata Amril, merupakan implementasi Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional. Menandai semangat Merdeka Belajar, Merdeka Berprestasi, untuk pulih sepenuhnya dari keterpurukan karena pandemi, setelah adaptasi terobosan pelaksanaan GSI di masa pandemi 3 tahun lalu.

“Pada tahun ini, BPTI kembali akan melakukan ajang talenta di bidang sepakbola untuk jenjang SMP atau yang sederajat secara luring. Pelaksanaan melalui mekanisme luring, diharapkan dapat menjadi berita baik untuk anak-anak peserta didik,” tuturnya.

Baca juga: USU Spirit Club dan Yakawanus Konseling Klub Sepak Bola Wanita di Sumut

Amril berharap, kedepannya akan tumbuh atlet-atlet di bidang olahraga, khususnya sepak bola di Kabupaten Langkat. Sehingga dapat ikut berlaga baik di tingkat daerah, provinsi hingga ke tingkat nasional.

“Mari jaga sportivitas, sehingga manfaat dari pertandingan ini dengan sportivitas berbagai hal bisa dicapai. Sehingga timbul motivasi dari anak-anak untuk lebih baik lagi,” kata Amril, sembari menendang bola secara simbolis untuk memulai pertandingan.

Adapun 8 peserta yang mengikuti kompetisi tersebut adalah, SMPN 1 Stabat, SMPN 3 Babalan, SMP 2 Secanggang dan SMPN 5 Stabat. Selain itu, SMPN 3 Stabat, SMP IT Iqra’ Stabat, SMP 1 Wampu dan SMP 1 Babalan juga turut berlaga dalam kegiatan tersebut. (endang/hm20)

Related Articles

Latest Articles