23.8 C
New York
Thursday, July 25, 2024

Newsroom: Etnis Tamil di Medan Mensucikan Diri dengan Thaipusam

Medan, MISTAR.ID

Etnis Tamil melakukan kegiatan adat Adhi Mahapuja Thiruvila atau Thaipusam, di Kuil Shri Maniandi yang berada di Jalan Teuku Cik Ditiro, Kelurahan Madras Hulu, Kecamatan Medan Polonia, Sumatera Utara. Kegiatan ini dilaksanakan pada minggu (21/7/24) sore.

Di bulan ini ada beberapa kuil yang melakukan kegiatan yang sama. Tujuan acara ini ialah untuk niat baik atau nazar seseorang. Namun, ada tahapan sebelum mengikuti acara ini yakni mereka harus berpuasa, tetapi mereka bukan tidak makan dan minum. Makanan yang mereka konsumsi harus vegetarian.

Kegunaan dari semua ini untuk mensucikan diri dari hal yang tidak baik. Kegiatan Adhi Mahapuja Thiruvila ini dilakukan dengan cara beragam seperti ibu-ibu membuat makanan untuk dibagikan ke umat yang hadir.

Tonton juga: Newsroom: Merangkai Cinta Dalam Setiap Helai Bunga

Selain itu, ada 9 orang yang melaksanakan nazar diantaranya 8 laki-laki dan 1 wanita mereka menyucuk lidah juga pipi dengan besi. Untuk usia yang mengikuti acara ini mulai dari 6 sampai 7 tahun ataupun di usia dewasa.

Selanjutnya ada juga yang mengangkat bunga untuk diarak dari tempat sembahyang menuju kuil yang berada di jalan Starban, Medan Polonia. Tak hanya masak bubur dan menyucuk lidah mereka juga bermain musik dan menyanyikan lagu dengan lirik India. Masyarakat Kota Medan pun ramai dan juga antusias melihat acara tersebut.

Setelah semua ritual dan persembahan dilakukan oleh panitia acara kepada mereka yang bernazar. Mereka semua yang berniat baik dan mensucikan diri ini melakukan longmarch dengan berjalan kaki dari Kuil Shri Maniandi menuju kuil yang berada di Jalan Polonia tersebut. (fiqih/hm21).

Related Articles

Latest Articles