27.6 C
New York
Monday, July 22, 2024

Jepang Diserang Covid-19 yang Kebal Terhadap Vaksin

Tokyo, MISTAR.ID

Jepang tengah menghadapi gelombang baru Covid-19 yang didominasi oleh subvarian KP.3. Virus ini dikatakan lebih tangguh dan resisten, bahkan terhadap orang-orang yang sudah divaksinasi atau memiliki kekebalan alami dari infeksi sebelumnya.

“Jepang sedang diserang varian virus corona baru dan sangat menular. Virus ini dapat memicu gelombang infeksi Covid-19 ke-11,” kata Ketua Asosiasi Penyakit Menular Jepang, Kazuhiro Tateda, seperti dilansir dari detik, Senin (22/7/24).

“Varian KP.3 menyebar dengan cepat, bahkan di antara mereka yang telah divaksinasi atau telah pulih dari infeksi sebelumnya,” tambahnya.

Tateda mengatakan minggu-minggu mendatang menjadi waktu yang penting karena pihak berwenang memantau penyebaran dan dampak varian tersebut.

Baca juga: 11 Gejala Varian Covid-19 Terbaru

Sejumlah rumah sakit melaporkan peningkatan tajam kasus Covid-19. Meski begitu, Tateda memastikan gejala yang ditimbulkan dari varian ini tidak seberat varian sebelumnya.

Gejala khas varian KP.3 antara lain demam tinggi, sakit tenggorokan, kehilangan penciuman dan rasa, sakit kepala, dan kelelahan.

Menurut kementerian kesehatan, fasilitas medis di seluruh Jepang mencatat peningkatan infeksi sebesar 1,39 kali lipat, atau 39 persen dari tanggal 1 hingga 7 Juli 2024, dibandingkan pekan sebelumnya. (detik/hm20)

Related Articles

Latest Articles