26.9 C
New York
Friday, July 26, 2024

Hilang Kontak, Pencarian Kapal Kominfo Pembawa BTS Belum Berhasil

Jakarta, MISTAR.ID

Kapal Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) milik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang membawa material Base Transceiver Station (BTS) dinyatakan hilang kontak dalam perjalanan Timika-Yahukimo sejak Rabu (17/7/24).

Kapal Cita XX berjenis LCT GT 145 tersebut terakhir kali berkomunikasi dengan kapal Prima Jaya yang melintas bersamaan pada 16 Juli 2024, dan berdasarkan informasi yang disampaikan kru Kapal Prima Jaya, bahwa Kapal Cita XX tak melaju dan posisi mengambil di pinggiran.

Kapal tersebut diketahui mengangkut 12 orang, dan barang yang diangkut berupa material BTS, power, tower dan VSAT untuk penyediaan sinyal 4G BAKTI Kominfo di wilayah Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan.

Direktur Utama Badan Layanan Umum (BLU) BAKTI Kominfo Fadhilah Mathar mengatakan Kapal Cita XX berangkat dari Timika pada Senin (15/7/24) pukul 05.43 WITA dan dijadwalkan akan tiba di Yahukimo pada Kamis (18/7/24).

Baca juga: Kapal Cepat Hilang Kontak di Perairan Aceh Singkil, 4 Diantara Penumpangnya WN Australia

Namun, pada Jumat (19/7), penanggung jawab Kapal Cita XX, Mufli, melapor ke Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Timika bahwa kapal itu belum tiba di Pelabuhan Yahukimo.

“Sampai informasi ini diturunkan, Tim SAR Timika telah diturunkan dengan dukungan TNI Angkatan Laut dan Polairud yang terus membantu pencarian namun kapal belum ditemukan,” ujar Fadhilah, Minggu (21/7/24).

Terpisah, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika I Wayan Suyatna mengatakan,  saat ini pihaknya telah turun ke lokasi pelayaran, namun pencarian yang dilakukan di hari kedua belum membuahkan hasil. Tetapi ada kecurigaan bahwa kapal tersebut salam masuk pelabuhan.

“Di situ kan banyak jalur-jalur sungai besar tempat kapal nyandar. Masalahnya adalah komunikasi kita tidak bisa dengan kapal tersebut termasuk dengan seluruh awak yang ada,” kata Suyatna. (cnn/hm17)

Related Articles

Latest Articles