23.7 C
New York
Sunday, July 21, 2024

Usai Putusan ICJ, Besok Netanyahu Terbang Temui Joe Biden di Gedung Putih

Jakarta, MISTAR.ID

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu akan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Gedung Putih, Washington DC, Selasa (23/7/24) waktu setempat atau Rabu (24/7/24) WIB.

Kantor PM Israel, mengutip dari Reuters, melaporkan Netanyahu bakal terbang ke AS, Senin (22/7/24) pagi waktu setempat. Pertemuan itu terjadi berdekatan dengan sejumlah momen yang berkaitan dengan Israel, Palestina, Pilpres AS, dan kondisi Biden usai terinfeksi Covid-19.

Reuters juga memberitakan bahwa Wakil Presiden AS Kamala Harris pun akan bertemu dengan Netanyahu di Washington. Selain bertemu dengan Biden dan Haris, Netanyahu juga disebut akan berpidato di hadapan Kongres AS.

Pada Jumat (19/7/24) lalu, Israel baru saja mendapatkan vonis ‘mengejutkan’ dari Mahkamah Internasional atau International Court of Justice (ICJ) yang berpusat di Den Haag, Belanda. ICJ mengeluarkan putusan terbaru yang menetapkan pendudukan Israel di wilayah Palestina selama beberapa dekade terakhir adalah ilegal.

Baca Juga : Penduduk Israel Diminta Minggat dari Palestina

Dalam putusannya, ICJ juga mendesak Israel untuk segera mengakhiri pendudukan ilegalnya itu di tanah Palestina yang semakin meluas hingga hari ini. ICJ bahkan memerintahkan Israel segera angkat kaki dari wilayah Palestina.

Putusan ini keluar kala Israel masih terus membombardir Jalur Gaza dengan brutal sejak 7 Oktober 2023 hingga telah menewaskan lebih dari 38 ribu warga Palestina di wilayah itu.

Netanyahu bersikap masa bodoh menanggapi keputusan ICJ, dan menyebut produk yang ditelurkan pengadilan di Den Haag itu berdasarkan kebohongan. “Bangsa Yahudi bukanlah penjajah di tanah air mereka sendiri, tidak di ibu kota abadi kami, Yarusalem, maupun di warisan leluhur kami di Yudea dan Samaria (Tepi Barat yang diduduki), ” kata Netanyahu dalam sebuah pernyataan. (cnn/hm24)

 

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles