19.6 C
New York
Friday, July 19, 2024

Sinyal Gaji PNS Naik 2025, Menko Perekonomian: Iya Disesuaikan

Jakarta, MISTAR.ID

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan sinyal kenaikan gaji pegawai negeri sipil (PNS) di tahun 2025. Kendati menyinggung adanya kenaikan gaji, Airlangga tidak memberikan rincian berapa besarannya.

“Kalau penyesuaian (gaji) kan ke atas. Iya (ada rencana kenaikan), disesuaikan,” katanya, Jumat (19/7/24)

Pada tahun 2024 ini, gaji PNS sudah naik 8 persen dan bersamaan dengan pensiunan sebesar 12 persen pada tahun ini.

Sesuai Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) 2025, diketahui bahwa kebijakan belanja pegawai konsisten melanjutkan proses reformasi birokrasi ke arah adaptasi pola kerja baru yang memanfaatkan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) untuk mendorong produktivitas.

Baca juga: Gaji PNS, TNI/Polri dan Pensiunan Naik, Ini Rinciannya

Dari segi pengelolaan PNS, pemerintah melihat ada permasalahan yang terjadi. Seperti belum terwujudnya kesejahteraan PNS yang adil, layak dan kompetitif, serta belum diterapkannya manajemen talenta dengan merata di seluruh instansi pemerintah.

Dalam dokumen KEM-PPKF, dijelaskan bagaimana belanja pegawai selama periode 2019-2023 terus meningkat dengan rata-rata pertumbuhan mencapai 3,6 persen.

Sementara, pada 2024, belanja pegawai mencapai Rp484,4 triliun atau sekitar 2,1 persen PDB, sehingga menjadikannya salah satu komponen belanja pemerintah pusat tertinggi.

Peningkatan belanja pegawai itu antara lain dipengaruhi berbagai kebijakan yang diarahkan untuk meningkatkan kesejahteraan PNS, seperti kenaikan gaji dan pensiunan pokok, pemberian gaji ke-13 dan THR untuk PNS dan pensiunan, serta perbaikan tunjangan kinerja kementerian/lembaga seiring dengan capaian reformasi birokrasi. (cnn/hm17)

Related Articles

Latest Articles