22 C
New York
Friday, July 19, 2024

Lagi, Uang Palsu Beredar di Medan Johor

Medan, MISTAR.ID

Pedagang kecil kembali menjadi korban peredaran uang palsu. Kali ini korbannya adalah Nur Hayati (56), wanita yang berjualan di Jalan Pintu Air IV, Kelurahan Kwala Bekala, Medan Johor itu mendapatkan uang pecahan Rp100.000 palsu.

Saat ditemui mistar.id, Nur mengatakan, peristiwa itu terjadi, Kamis (18/7/24) sekitar pukul 19.30 WIB.

Saat itu Warung Jembatan yang dikelolanya sedang sepi. Tiba-tiba dua pria yang mengendarai sepeda motor berhenti di warungnya. Salah seorang kemudian turun dan membeli ayam penyet dagangan Nur.

“Yang makan cuma satu di sini anak gadis. Turunlah satu dari kereta. Tanya harga ayam penyet. Ku bilang Rp13.000,” tutur Nur Hayati, Jumat (19/7/24).

Baca juga: Uang Palsu Beredar di Medan Tenggara, Sejumlah Pedagang Kecil jadi Korban

Pria yang mengenakan kemeja hitam itu kemudian memesan dua porsi ayam penyet kepada Nur, lalu langsung meminta uang kembalian dengan berdalih hendak membeli sesuatu ke warung lain.

“Dia memberi uang Rp100.000 dan langsung minta dikembalikan. Disuruhnya cepat. Gitu ku kembalikan Rp70.000 ku bilang kurang Rp4.000. Lalu dibilangnya nanti kekurangan uangnya diambil sekalian dengan ayam penyet,” jelas Nur.

Pria tersebut langsung tancap gas meninggalkan warung. Nur yang curiga mempertanyakan uang tersebut kepada pengunjung lain di warungnya.

“Ku tanya sama anak gadis yang makan di sini. Pas dilihatnya, langsung dibilangnya kalau uang itu palsu,” lanjut Nur.

Baca juga: Sindikat Pengedar Uang Palsu Senilai Rp22 M Dibongkar, BI Lakukan Penelitian

Keyakinan Nur semakin bertambah setelah mengetahui kedua pria tersebut tak kunjung kembali mengambil pesanan ayam penyetnya.

“Nggak ada datang lagi. Aku bandingkan dengan uang ku yang lain memang beda,” ujarnya.

Nur mengaku baru pertama kali menemukan uang palsu. Dia juga berharap kedua pelaku segera tertangkap agar tidak ada korban lainnya.

“Mudah-mudahan ketangkap mereka di tempat lain ya,” tutupnya.

Kapolsek Deli Tua Kompol Dedy Dharma ketika dimintai tanggapannya belum bersedia memberikan jawaban.

Sebelumnya, beberapa pedagang kecil di seputaran Jalan Menteng Raya juga menjadi korban transaksi uang palsu belum lama ini. (putra/hm20)

Related Articles

Latest Articles