22.7 C
New York
Thursday, July 18, 2024

Pj Bupati Taput Apresiasi Peningkatan Indeks Pertanaman Lahan Sawah

Taput, MISTAR.ID

Penjabat (Pj) Bupati Tapanuli Utara (Taput) Dimposma Sihombing bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, para penyuluh pertanian Kecamatan Tarutung dan petani Desa Aek Siansimun hadiri acara tanam perdana PAT peningkatan IP 2 padi sawah dan padi gogo di Dusun Sitakka, pada Kamis (18/7/24).

Dalam sambutannya Dimposma menyampaikan, dalam rangka menindaklanjuti arahan Presiden dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang pengendalian inflasi melalui strategi ketahanan pangan dan percepatan peningkatan produksi padi melalui optimalisasi lahan, pompanisasi, dan perluasan areal tanam padi gogo dan peningkatan indeks pertanaman padi sawah, maka Pemkab Taput Tapanuli Utara telah melakukan berbagai upaya.

Ini seperti penyediaan sarana dan prasarana pertanian berupa pembangunan jalan usaha tani (JUT), perbaikan/rehab jaringan irigasi yang mengalami kerusakan, pemberian bantuan alat mesin pertanian (alsintan), dan pemberian benih/bibit unggul bersertifikat.

Baca juga:Pj Bupati Taput Sebut Ulos Tenun Salah Satu Karya Warisan Terbaik

“Saya sangat berbangga hati dan mengapresiasi semangat masyarakat Kecamatan Tarutung yang berkeinginan melaksanakan peningkatan indeks pertanaman lahan sawah yang sebelumnya dilakukan pertama sekali dalam 1 tahun menjadi 2 kali ,” papar Pj Bupati.

Dikatakan, tentunya hal ini akan membawa peningkatan pendapatan dan kesejahteraan bagi masyarakat petani, dan terutama memberikan kontribusi dalam menjaga ketahanan pangan secara nasional.

“Mudah-mudahan peningkatan IP lahan sawah ini bisa diterapkan oleh masyarakat petani kita di kecamatan lainnya, sehingga daerah ini  mampu menjadi lumbung pangan nasional,” tutupnya.

Baca juga:Pj Bupati Taput Sambut Kunjungan Luhut Panjaitan di Bandara Silangit

Selanjutnya dilaksanakan penanaman benih padi varietas lokal yang diperkirakan panen bulan November 2024. Sementara pertanaman kedua di bulan Desember 2024 dengan varietas benih lokal dapat terlaksana.

Selain itu, dilakukan penyerahan alat mesin pertanian berupa hand traktor roda 2 dan mesin pompa yang diberikan kelompok tani (poktan) Dusun Sitakka Desa Aek Siansimun. (fernando/hm16)

Related Articles

Latest Articles