23 C
New York
Thursday, July 18, 2024

Meksiko dan Uni Eropa Sepakati Kamar Dagang Bersama

Mexico, MISTAR.ID

Kementerian Luar Negeri Meksiko dalam sebuah komunike (pemberitahuan resmi) mengumumkan bahwa Kamar Dagang Meksiko dan Uni Eropa (MexChamEU)
melakukan kerja sama bisnis dan perdagangan antara negara Amerika Latin dengan negara-negara Eropa.

Komunike ini telah diluncurkan secara resmi di Brussels, Belgia oleh Kepala misi Meksiko untuk Uni Eropa, Rogelio Granguillhome Morfin.

Kamar dagang tersebut berfokus pada sektor-sektor dengan potensi pertumbuhan tinggi, seperti teknologi, pertanian, manufaktur, dan energi terbarukan, serta akan menarik investasi tambahan dari Eropa ke Meksiko, demikian isi komunike tersebut, seperti dilansir.

Baca juga: Turki Hentikan Kerjasama Ekonomi dengan Israel

“Inisiatif tersebut bertujuan untuk memperkuat hubungan ekonomi, mempromosikan kolaborasi bisnis, dan meningkatkan hubungan perdagangan antara negara kami dan 27 negara anggota Uni Eropa,” kata kementerian pada Rabu.

Dari laman resmi IMF, disebutkan bahwa sebagian besar negara di Amerika Latin dan Karibia belum sepenuhnya memanfaatkan potensi perdagangan internasional, pendorong penting pertumbuhan ekonomi pasar berkembang.

Meskipun kawasan ini telah membuat beberapa kemajuan dalam keterbukaan perdagangan, kemajuan tersebut masih terhambat terutama karena buruknya infrastruktur, prosedur bea cukai yang memberatkan, serta hambatan tarif dan nontarif yang relatif tinggi terhadap perdagangan.

Baca juga: Potensi Ekspor Ikan Hias di Indonesia

Bahkan masih 47 persen jumlah ekspor dan impor barang dan jasa dari produk domestik bruto hanya sekitar 20 poin persentase di bawah level pasar berkembang lainnya di seluruh dunia. Sehingga, pentingnya untuk keterbukaan perdagangan.

Perdagangan antarnegara di kawasan ini juga tertinggal dan secara umum tetap stagnan di angka kurang dari 20 persen dari jumlah total perdagangan Amerika Latin.

Angka tersebut hanya setengah dari tingkat perdagangan intra-regional di Eropa Timur dan Asia Tengah dan sepertiga dari tingkat di Asia Timur. (ant/hm25)

Related Articles

Latest Articles