23 C
New York
Thursday, July 18, 2024

Enam Orang Tewas Dalam Kebakaran Pusat Perbelanjaan di China

Zigong, MISTAR.ID

Enam orang tewas dalam kebakaran yang terjadi di pusat perbelanjaan di Zigong, Sichuan, China, Rabu (17/7). Sejumlah pengunjung juga terjebak dalam bangunan mal tersebut.

Api yang mulai membakar bangunan mal terjadi pada sore hari itu dan baru bisa dipadamkan pada pukul 20.20 waktu setempat.

Dalam sebuah rekaman video yang diterima AFP menunjukkan asap pekat hitam membumbung tinggi di bangunan 14 lantai itu. Sejumlah pemadam masih berupaya memadamkan api.

Baca juga: Penyebab Kebakaran Hutan di Samosir Disebabkan Ladang Berpindah

Kota Zigong memiliki 2,5 juta orang penduduk, berjarak sekitar 1.900 kilometer dari Ibu Kota Beijing.

Namun, layanan Darurat Zigong meminta masyarakat tidak mempercayai berita hoax seputar kebakaran tersebut. Jumlah korban dan pengunjung yang terjebak masih simpang siur.

Penanganan dan keamanan akan kebakaran di negara ini terbilang buruk. Tercatat di Januari, kejadian serupa terjadi di sebuah toko di Kota Xinyu mengakibatkan puluhan orang meninggal.

Baca juga: Tinjau Lokasi Kebakaran Lahan dan Hutan, Kapolres Samosir: Jangan Buang Puntung Rokok Sembarangan

Kantor Berita Negara Xinhua melaporkan kebakaran itu disebabkan oleh penggunaan api ‘ilegal’ oleh pekerja di lantai bawah toko.

Selang beberapa hari saja, kebakaran juga terjadi di sebuah bangunan hunian menewaskan setidaknya 15 orang.

Presiden China Xi Jinping meminta agar pelajaran dipetik dari bencana tersebut untuk menghindari tragedi lebih lanjut. (cnn/hm25)

Related Articles

Latest Articles