23 C
New York
Thursday, July 18, 2024

Polda Sumut Terima Penghargaan Kompolnas Awards 2024

Medan, MISTAR.ID

Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara (Sumut) terpilih menjadi Polda terbaik tipe A se-Indonesia dalam Kompolnas Awards tahun 2024. Penghargaan itu diterima langsung oleh Kapolda Sumut Komjen Agung Setya Imam Effendi, Rabu (17/7/24) malam di Jakarta.

“Alhamdulillah, kami Polda Sumut bangga telah berikan yang terbaik untuk menjaga, melindungi, melayani dan mengayomi seluruh masyarakat Sumatera Utara,” ungkap Agung dalam keterangan tertulisnya, kamis (18/7/24).

Dalam penilaiannya, Kompolnas Award 2024 dibagi ke dalam 4 kriteria. Antara lain Satker Mabes, Polda, Polres dan Polsek. Kemudian, masing-masing Satker dibagi lagi ke dalam kategori A dan B. Pembagian A dan B ini berdasarkan proporsi jumlah personel Polri di wilayah, jumlah penduduk, dan alokasi anggaran.

Kata Agung, Polda Sumut berada di Polda Kategori A bersama 15 Polda lainnya, antara lain Polda Metro Jaya, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, Riau, Aceh, Lampung, Banten, DI Yogyakarta, Kaltim, Kalbar, dan Sulut.

Baca juga: Wadir Lantas Polda Sumut Cek Tudingan Pungli Pengurusan SIM di Polres Siantar

Dari hasil penilaian, Polda Sumut menjadi yang terbaik dari seluruh Polda Tipe A yang ada di Indonesia.

“Polda Sumut meraih nilai tertinggi dengan skor 70,75, disusul Polda Jawa Timur dengan capaian skor 70,58 dan Jawa Tengah sebesar 69,05,” tambah Agung.

Walaupun Polda Sumut memiliki jumlah angka kejahatan terbesar ketiga di Indonesia, namun Polda Sumut dinilai mampu menyelesaikan aduan Surat Keluhan Masyarakat (SKM).

“Polda Sumut berhasil mengungkap 2.400 kasus narkoba selama 2024 dengan menangkap 3.182 tersangka terdiri dari jaringan 2.723 orang, dan pengguna 459 orang, serta penyitaan barang bukti Narkoba sebanyak 478,92 kg sabu-sabu, 484,29 kg ganja, 178.691 butir pil ekstasi,” timpalnya lagi.

Baca juga: Pemain Judi Tak Boleh Ditangkap, Polda Sumut: Kita Filter Mana Korban dan Operator

Terpisah, Ketua Umum Pelaksana Kompolnas Award 2024, Pudji Hartanto Iskandar, mengatakan Kompolnas Awards 2024 ini menilai inovasi dan kinerja seluruh Satuan Kerja (Satker) di Mabes Polri dan Satuan Wilayah (Satwil) seluruh Indonesia.

“Selain itu, penghargaan ini merupakan apresiasi atas apa telah dilakukan masing-masing Satker serta Satwil. Bagi pemenang Kompolnas Awards 2024 diharapkan memberikan contoh kinerja terbaik,” jelasnya. (matius/hm20)

Related Articles

Latest Articles