27.6 C
New York
Thursday, July 18, 2024

Perumda Mual Nauli Akhiri Kerja Sama Operasi dengan Tirtanadi

Tapteng, MISTAR.ID

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Mual Nauli Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) resmi mengakhiri kerja sama operasi dengan Perumda Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Ini ditandai dengan penandatanganan berita acara pengakhiran kerj asama operasi oleh Direktur Perumda Mual Nauli, Masril Rambe dengan Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama (Dirut) Tirtanadi, Erwin Putra, serta disetujui Pj Bupati Tapteng dan Pj Gubernur, dilaksanakan di ruang kerja Bupati Tapteng, pada Rabu (17/7/24).

Pj Bupati, Sugeng Riyanta mengatakan, dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tapteng, tidak lagi memperpanjang kerja sama operasi dengan Perumda Tirtanadi setelah masa kontrak berakhir.

Baca juga:Lusa, Operasional Tirtanadi Pandan Diambil Alih Perumda Mual Nauli

“Proses penyelesaian peralihan aset dan administrasi ini agar dapat diselesaikan dengan baik, dan sesuai aturan yang berlaku serta telah menyepakati pelaksanaan penandatanganan pengakhiran kerja sama operasi antara Perumda Mual Nauli dengan Perumda Tirtanadi,” paparnya.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, seluruh jajaran direksi maupun pegawai Perumda Tirtanadi, yang selama ini telah memberikan pelayanan air minum kepada masyarakat Kota Pandan, dan berharap ke depan komunikasi terus terjalin.

“Selain itu, saya mengharapkan agar direktur dan jajaran Perumda Mual Nauli, dengan berpindahnya operasi PDAM Tirtanadi sudah saatnya kita berdikari. Kiranya Perumda Mual Nauli ini dapat dikelola dengan baik dan saya yakin itu akan tercapai, sehingga dapat meningkatkan PAD Tapteng dan pelayanan penyediaan air minum di Pandan semakin ditingkatkan,” harap Sugeng.

Sementara itu, Erwin Putra mengatakan, perjanjian kerja sama antara Perumda Mual Nauli dengan Perumda Tirtanadi berjalan selama 25 tahun, yaitu pada 17 Juli 1999, hingga pada Rabu 17 Juli 2024, perjanjian kerja sama operasi  berakhir.

Baca juga:Kinerja Perumda Tirtanadi Disorot, Begini Kata Pengamat

“Kami mengucapkan apresiasi kepada Pemkab Tapteng yang telah memberikan kurun waktu 25 tahun penyediaan air minum dikelola di Pandan. Harapan kita semoga dengan berpindahnya pengelolaan, pelayanan ketersediaan air minum di Pandan semakin ditingkatkan, yang bertujuan dapat meningkatkan PAD Tapteng,” harapnya.

Sedangkan Masril Rambe menjelaskan, dengan berakhirnya perjanjian kerja sama operasi, maka target ke depan, tugas yang akan dilaksanakan meliputi pengelolaan sarana prasarana air bersih guna meningkatkan kualitas pelayanan khususnya di Kecamatan Pandan, umumnya di Kabupaten Tapteng.

Lanjut Masril yang mengawali karirnya sebagai wartawan ini mengatakan, akan dilakukan peningkatan kualitas air baku secara bertahap disesuaikan dengan kebutuhan dan pertambahan sambungan baru, peningkatan kualitas sistem jaringan pipa transmisi dan distribusi, serta pipa dinas, rehabilitasi sumber air dan mengoptimalkan pemanfaatan instalasi air guna meningkatkan kualitas air bersih.

“Kita akan menyediakan pipa dinas dan aksesorisnya guna meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan rencana penambahan pelanggan baru, melaksanakan perjanjian dan perawatan meter air pelanggan terpasang dan perpipaan guna menertibkan sambungan dan letak meter air sesuai dengan ketentuan teknis yang berlaku. Termasuk melaksanakan pemetaan seluruh sistem dan gambar, serta perbaikan manajemen dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pelatihan-pelatihan dan diklat yang akan dilakukan,” tandasnya. (feliks/hm16)

Previous article

Related Articles

Latest Articles