27.6 C
New York
Thursday, July 18, 2024

3 Target Pekan Kuliner Khas III 2024 Medan

Medan, MISTAR.ID

Pekan Kuliner Halal, Aman dan Sehat (Khas) III yang diselenggarakan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Medan resmi dibuka, Rabu (17/7/24) malam. Ketua Panitia, Burhanuddin Damanik mengatakan, kegiatan ini menargetkan tiga hal.

Pertama mensosialisasikan beraneka ragam produk makanan yang halal dan baik.

“Kedua, memberikan pemahaman kepada masyarakat kota Medan akan makna penting mengkonsumsi produk yang bersertifikat halal. Ketiga mensosialisasikan proses pengurusan sertifikat halal,” katanya.

Acara ini akan berlangsung selama 5 hari terhitung sejak Rabu (17/7/24) sampai Minggu (21/7/24).

Kegiatan Pekan Kuliner merupakan program kerja MUI Kota Medan yang dilaksanakan setiap tahunnya, pada bulan Muharram tahun Hijriah. Dimana menyajikan aneka kuliner halal terbaik, makanan khas Nusantara serta jajanan viral.

“Kegiatan ini dengan maksud untuk mengisi dan memeriahkan Tahun Baru Islam yang dari tahun ke tahun terlihat kurang diminati oleh umat Islam,” tuturnya.

Kegiatan diikuti 67 peserta Usaha Kecil Menengah (UKM) kuliner. Sedangkan produk non kuliner diikuti 4 peserta Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Selaras dengan pernyataan Burhanuddin. Ketua Umum MUI Kota Medan, Hasan Matsum mengatakan tujuan dari kegiatan sebagai bentuk refleksi gaya MUI dalam memperingati tahun baru Islam 1446 Hijriah.

“Tentu kegiatan kami ini perlu berdampingan dengan Pemko Medan dalam merefleksikan peringatan satu Muharam. Agar kegiatan ini memang betul-betul membumi dan terasa di masyarakat khususnya masyarakat muslim Kota Medan,” ungkapnya.

Hasan berharap Pemko Medan terus memberikan dukungannya terhadap kegiatan ini.

“Karena tujuan kita melaksanakan kegiatan ini, bagian dari mendukung program-program pemerintah pula,” lanjutnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rahman menyampaikan terima kasihnya kepada MUI dan ke depannya kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan.

“Saya rasa Pemko Medan ini tidak ada pilih kasih. Agama manapun tetap akan kita lakukan berkolaborasi, karena Medan multietnis, banyak suku, banyak agama dan tidak mengucilkan agama yang lain,” pungkasnya.

Selanjutnya Aulia membuka secara resmi Pekan Kuliner III bersama Ketua  MUI Kota Medan, Hasan Matsum.

Pantauan mistar.id, hadir tokoh-tokoh agama lain yang turut diundang dalam kegiatan ini. (berry/hm20)

Related Articles

Latest Articles