25.7 C
New York
Wednesday, July 17, 2024

Sumut Tak Masuk IKP, Bawaslu: Belum Ada Status, Masih Proses

Medan, MISTAR.ID

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto dalam acara Forum Kolaborasi Sentra Gakkumdu se-Wilayah Sumatera beberapa waktu lalu mengatakan, ada 4 wilayah di Sumatera dengan tingkat kerawanan tertinggi terkait Pilkada 2024. Keempat wilayah tersebut adalah Sumatera Barat (Sumbar), Jambi, Bengkulu, dan Kepulauan Riau.

Menanggapi hal itu, Kordiv Humas dan Datin Bawaslu Sumut, Saut Boang Manalu mengatakan bahwa pandangan tentang Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) masing-masing pihak punya analisis sendiri.

“Misalnya pernyataan Menko Polhukam, penajamannya mungkin dari sisi keamanan kewilayahan atau dari sisi Aparatur Sipil Negara (ASN)-nya. Jadi kita tidak bisa berasumsi pernyataan itu valid atau tidak,” katanya kepada mistar.id, Rabu (17/7/24).

Baca juga: KPU Sumut Rakor Pilkada Serentak 2024 dengan KPU Kabupaten/Kota

Saut menyampaikan, IKP saat ini masih dalam tahap penyusunan. Disusun di divisi pencegahan yang dikoordinatori oleh Suhadi Sukendar Situmorang.

“Semalam saya komunikasi terkait hal itu, beliau mengatakan masih dalam proses. Kita belum tahu apakah Sumut nanti IKP-nya berstatus rawan atau tidak,” lanjutnya.

Kemudian Saut menjelaskan, Bawaslu masih dalam proses pendataan menyeluruh. Meninjau dari tahun-tahun sebelumnya hingga kondisi saat ini serta melihat poensi-potensi yang memungkinkan terjadi pelanggaran sehingga perlu dilakukan upaya-upaya pencegahan.

“Saat ini masih terus dilakukan sampai tingkat kabupaten/kota, nanti data-data dan informasi yang diambil dari sana dihimpun lalu dianalisis kemudian nanti kita sampaikan ke publik,” pungkasnya. (maulana/hm20)

Related Articles

Latest Articles