28.6 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

Butuh Waktu 15 Tahun Membersihkan Puing-Puing di Gaza

Istanbul, MISTAR.ID

Ada sekitar 40 juta ton puing-puing bangunan dan diperlukan 15 tahun untuk membersihkan puing-puing akibat serangan Israel.

Hal ini dikatakan Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) pada Senin mengutip penilaian yang dilakukan Program Lingkungan PBB (UNEP).

“Pembersihan atau pemindahan puing-puing perang di Gaza juga membutuhkan lebih dari 100 truk dengan biaya sekitar lebih 500 juta dolar atau Rp8,10 triliun,” sebut UNRWA yang dilansir.

Baca juga: Buntut Temui Presiden Israel, 5 Kader PBNU Terancam Dipecat

UNRWA mengatakan puing-puing bangunan itu dapat mengancam orang-orang di jalur Gaza. Bisa mematikan karena reruntuhan dan bisa juga berisikan zat-zat berbahaya dan persenjataan yang belum meledak.

Bulan lalu, Radio Angkatan Darat Israel, mengutip pejabat militer, mengatakan bahwa sekitar 50 ribu bom telah dijatuhkan di Gaza oleh pesawat tempur Israel sejak 7 Oktober lalu, seraya menambahkan bahwa antara 2 – 3 ribu bom tidak meledak.

Sudah lebih dari sembilan bulan setelah perang Israel, akses makanan, air bersih dan obat-obatan lumpuh di sebagian besar wilayah Gaza.

Menurut otoritas kesehatan setempat, hampir 38.700 warga Palestina diantaranya kebanyakan perempuan dan anak-anak tewas dalam serangan Israel dan lebih dari 89 ribu orang luka-luka. (ant/hm25)

Related Articles

Latest Articles