24.5 C
New York
Monday, July 15, 2024

Harry Kane dan Dani Olmo Sabet Sepatu Emas Euro 2024

Berlin, MISTAR.ID

Striker Inggris, Harry Kane harus mengakui keunggulan tim Spanyol setelah kecewa gagal menjuarai Euro 2024 di partai final. Namun, setidaknya Kane pulang dengan menyabet hiburan, top skor Euro 2024 dengan mengoleksi tiga gol.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, sepatu emas Piala Eropa diraih enam pemain. Selain Kane, ada juga gelandang Spanyol Dani Olmo, gelandang Jerman Jamal Musiala, penyerang Belanda Cody Gakpo, pemain sayap Slovakia Ivan Schranz dan penyerang Georgia Georges Mikautadze yang juga sama-sama mengoleksi tiga gol.

UEFA mengizinkan beberapa pemain untuk berbagi penghargaan pencetak gol terbanyak Euro 2024 jika mereka mencetak jumlah gol yang sama. Hal ini setelah UEFA mengubah aturan terkait top skor.

Baca juga : Bawa Spanyol Juara Euro 2024, Lamine Yamal Borong 5 Rekor Lampaui Cristiano Ronaldo

Pada Piala Eropa terakhir, Cristiano Ronaldo dari Portugal dan striker Ceko Patrik Schick sama-sama mengoleksi lima gol. Namun Ronaldo dinobatkan sebagai pemenang karena ia memiliki satu assist, sedangkan Schick tidak.

Merujuk aturan yang lama, Olmo akan memenangkan tiebreak dengan dua asist atas namanya, terbanyak di antara para pemain yang mencetak tiga gol. Namun kini, hal itu tak dihitung.

Terakhir kali, tiga gol terbukti cukup untuk memenangkan sepatu emas yakni pada Euro 2012, ketika Fernando Torres dari Spanyol meraihnya. Saat itu, penentu kemenangan adalah pemain yang memiliki menit bermain paling sedikit. Jika hal tersebut diterapkan di Euro 2024, penghargaan tersebut akan jatuh ke tangan pemain Slovakia, Schranz.

Related Articles

Latest Articles