24.2 C
New York
Monday, July 15, 2024

PAN Siapkan Bima Arya Dampingi Ridwan Kamil di Pilgub Jawa Barat

Jakarta, MISTAR.ID

Mantan Wali Kota Bogor Bima Arya akan disiapkan untuk maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar) untuk mendampingi Ridwan Kamil. Partai Amanat Nasional (PAN) mempersiapkan Bima menjadi calon wakil gubernur, jika Ridwan Kamil memilih untuk maju di Jawa Barat ketimbang Jakarta.

“PAN ada beberapa nama, yang serius Kang Bima Arya dan sudah mendeklarasikan diri juga menjadi bakal calon wakil gubernur,” ujar Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, Senin (15/7/24).

Viva mengatakan, dipilihnya untuk menyandingkan Ridwan Kamil dengan Bima Arya merupakan langkah yang tepat untuk menenangkan Pilkada Jabar. Sebab, kedua tokoh itu dinilai dapat mengisi satu sama lain sehingga dapat meningkatkan elektabilitas.

“Tapi keputusan langkah politik Ridwan Kamil merupakan kewenangan Partai Golkar. PAN siap mendukung Ridwan Kamil jika memang maju di Pilkada Jabar,” ungkapnya.

Baca Juga : Susi Pudjiastuti Dipertimbangkan Maju Pilgub Jabar 2024

Direktur Eksekutif Parameter Politik, Adi Prayitno melihat upaya Partai Golkar mengusung Jusuf Hamka berhubungan dengan upaya pencalonan Ridwan Kamil di Pemilihan Gubernur atau Pilgub Jawa Barat. “Sepertinya Golkar lebih berkehendak dan menginginkan Ridwan Kamil di Jawa Barat ketimbang Jakarta,” kata Adi.

Ridwan Kamil menjadi sosok yang digadang-gadang akan maju di Pilgub Jakarta sebelum nama Jusuf Hamka mencuat. Mantan Gubernur Jawa Barat itu dikabarkan menjadi perbincangan di kalangan pimpinan partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Adi menduga Partai Golkar sedang mengalihkan pembicaraan dengan membahas Jusuf Hamka agar Ridwan Kamil tidak disorot untuk maju di Jakarta. Menurut dia, kemunculan nama Jusuf Hamka yang mendadak merupakan kode Partai Golkar untuk mengusung Ridwan Kamil maju di Pilgub Jabar. “Ini adalah kode politik. Kalau urusan di Jakarta, Golkar bukan lagi Ridwan Kamil,” sebutnya. (tempo/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles