25.3 C
New York
Monday, July 15, 2024

KPU Simalungun Sebut Proses Coklit Data Pemilih Capai 98 Persen

Simalungun, MISTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Simalungun mengaku proses pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih Pilkada 2024 di hampir seluruh kecamatan sudah mencapai 98 persen.

Bahkan, KPU Simalungun melalui petugas pemuktahiran data pemilih (Pantarlih) telah 100 persen menyelesaikan proses Coklit di tujuh kecamatan yang ada di Kabupaten Simalungun.

Komisioner KPU Simalungun Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Martua Hutapea mengatakan, bahwa pihaknya menargetkan proses coklit selesai tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Baca juga: Coklit Data Pilkada 2024, Pantarlih Datangi Rumah Bupati Simalungun

“Proses Coklit sudah hampir 98 persen yang rampung. Kalau untuk desa hampir merata, adalah seratusan pemilih lagi yang dibanter pernagori di 32 kecamatan,” ujar Martua, Senin (15/7/24).

Diungkapkan Martua lagi, dari peroses Coklit yang berjalan hingga saat ini, petugas Pantarlih pun telah menyelesaikan sebanyak tujuh kecamatan.

“Baru tujuh kecamatan yang sudah rampung atau 100 persen selesai pencoklitan,” ujar Martua lagi.

Baca juga: Coklit Pilkada 2024, Begini Bentuk Pengawasan Bawaslu Simalungun 

Dikabupaten Simalungun, terdapat tiga kecamatan yang masuk dalam kategori wilayah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) yakni di Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kecamatan Haranggaol, Kecamatan Pematang Sidamanik dan Kecamatan Dolok Pardamean.

“Untuk daerah atau wilayah 3T yang ada di Simalungun, agak kurang sinyalnya dalam hal menyingkronkan data pemilih ke E-Coklitnya,” ungkapnya.

Namun, kata Martua lagi, sudah diupayakan semaksimal mungkin agar proses dari pencocokan ini dapat selesai. Adapun cara yang dipakai Pantarlih dengan mengundang calon pemilih datang ke kantor panglu atau pun kecamatan. (hamzah/hm25)

Related Articles

Latest Articles