25.8 C
New York
Sunday, July 14, 2024

Disdik Sumut Minta Sekolah Gelar MPLS yang Edukatif 

Medan, MISTAR.ID

Memasuki tahun ajaran baru 2024/2025, Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumatera Utara meminta sekolah agar dapat melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) kepada peserta didik baru secara edukatif dan kreatif.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Disdik Sumut, Abdul Haris Lubis melalui Kepala Bidang (Kabid) SMA, M Basir Hasibuan mengatakan MPLS merupakan hal penting bagi peserta didik baru mengenali tempat belajarnya.

“Ya, dalam waktu dekat satuan pendidikan dalam hal ini sekolah, akan melaksanakan MPLS tahun 2024/2025, yang mana kegiatan ini merupakan kegiatan pertama siswa untuk pengenalan program, tata kelola, sarpras, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri dan budaya di sekolah,” ujarnya kepada Mistar.id, Minggu (14/7/24).

Baca juga: Transisi Dunia Pendidikan ke Pekerjaan, Begini Tanggapan Fresh Graduate

Basir mengatakan hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri (PM) Pendidikan dan Kebudayaan nomor 16 tahun 2016 tentang MPLS.

“Dalam peraturan tersebut dikatakan MPLS perlu dilakukan kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif untuk mewujudkan sekolah sebagai tempat belajar yang aman, ramah anak dan nyaman bagi peserta didik,” ungkapnya.

Kemudian Basir mengatakan MPLS juga sejalan dengan penerapan pencegahan kekerasan yang diamanatkan dalam Permendikbudristek nomor 46 tahun 2023 tentang Pencegahan dan Penanganan kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan (PPKSP).

Baca juga: Kadisdik Sumut: Trend Pendidikan Akan Terus Berpacu dengan Kemajuan Teknologi

“Selain PPKSP dan salah satu fokus dalam program Gerakan Sekolah Sehat (GSS) yaitu sehat jiwa serta mewujudkan lingkungan belajar yang inklusif, kebhinekaan dan aman bagi semua,” pungkasnya.

Diketahui pada umumnya dan sesuai kalender akademik, masuknya tahun ajaran baru 2024-2025 akan dimulai pada besok hari dan MPLS digelar selama kurang lebih 3 hari. (iqbal/hm25)

Related Articles

Latest Articles