27.8 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

Kekerasan Seksual Jangan Menjadi Budaya Bisu

Medan, MISTAR.ID

Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden Republik Indonesia (RI), Wildansyah mengajak anak-anak muda Sumatera Utara (Sumut) untuk berani menyuarakan kekerasan seksual di mana pun itu.

“Sebenarnya yang saya tau, anak-anak muda Sumut terkenal pemberani dan juga bernyali. Maka dari itu, mulailah berani menyuarakan. Jika seandainya ada kasus-kasus kekerasan seksual di sekitar kita, baik itu di rumah, kantor, sekolah bahkan pesantren,” katanya kepada Mistar.id, Sabtu (13/7/24) malam.

Koordinator Tim Strategi dan Komunikasi Kebijakan Kemenpora RI itu menegaskan jangan sampai tindak kekerasan seksual dijadikan budaya bisu di kalangan masyarakat.

“Karena kebisuan itu terkadang mencekam,” tegasnya.

Baca juga: Art Exhibition Pertama Forum GenRe Sumut di Indonesia Terkait Kekerasan Seksual

Wildansyah berharap agar kegiatan serupa juga bisa dilakukan di seluruh kabupaten/kota lainnya di Sumatera Utara.

“Harapannya tentu kegiatan ini tidak hanya di Medan. kalau bisa di kabupaten lain juga penting. Jika kegiatannya hanya di Medan saja akan sangat disayangkan banget,” ujarnya.

Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumut, Munawar Ibrahim turut mendukung kegiatan seperti Forum Generasi Remaja (GenRe) Sumut untuk agar dapat dilaksanakan secara progresif dan besar-besaran.

Baca juga: Forum GenRe Sumut Ajak Generasi Muda Berani Suarakan Kekerasan Seksual

“Kita dari BKKBN mendukung, supaya kegiatan seperti ini (edukasi kekerasan seksual) bisa menambah sasaran keseluruh tanah air dan kabupaten kota,” tuturnya.

Munawar menginginkan kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara progresif dan besar-besaran.

“Sehingga dapat menjangkau seluruh sasaran yang berpotensi menjadi korban kekerasan seksual ataupun eksploitasi remaja perempuan,” ungkapnya.

Menurutnya dengan bisa dilaksanakan secara serentak kegiatan serupa di seluruh tanah air, maka peluang seperti kekerasan seksual, eksploitasi remaja perempuan dan lainnya semakin kecil. (berry/hm25)

Related Articles

Latest Articles