33.4 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

Dana Hibah Pilkada Cair 100 Persen, KPU Batu Bara Apresiasi Semua Pihak

Batu Bara, MISTAR.ID

Dana hibah untuk KPU Batu Bara sesuai Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk pendanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Batu Bara tahun 2024 sebesar Rp29,5 milyar telah cair 100%.

Ketua KPU Batu Bara Erwin menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran pencairan tersebut. “Kita apresiasi pihak yang membantu proses pencairan dana Pilkada khususnya Kejari Batu Bara. Ini bukti terbangunnya sinergitas dan koordinasi yang baik antara KPU Batu Bara dengan Kejari Batu Bara,” ujar Erwin, Sabtu (13/7/24).

Disebutkan Erwin, Kajari Batu Bara telah mendorong Pemkab Batu Bara agar segera menyikapi Surat Edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia Nomor 900.1.9.1/435/SJ tentang pendanaan kegiatan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota tahun 2024.

“Beberapa kali kami rapat anggaran bersama pihak kejaksaan dan Pemkab Batu Bara, pihak Kejari senantiasa memberikan dan mengingatkan pemerintah untuk segera mencairkan dana hibah, untuk pelaksanaan Pemilihan Kepada Daerah di Kabupaten Batu Bara,” ungkapnya.

Baca Juga : Sudah 80 Persen, KPU Batu Bara Optimis Coklit Rampung Tepat Waktu

Masih menurut Erwin, atas dasar surat edaran tersebut penyediaan Dana Hibah tersebut, wajib dianggarkan pada tahun 2023 sebesar 40% dan tahun 2024 dianggarkan sebesar 60% dari besaran total yang sudah disepakati bersama.

“Berkenaan dengan hal tersebut, pendanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Batu Bara tahun 2024, KPU Batu Bara pada 8 Juli 2024 telah menerima 100% Dana Hibah dari Pemkab Batu Bara, guna pendanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Batu Bara tahun 2024,” papar Erwin.

Erwin juga berterima kasih kepada Pemkab Batu Bara yang telah menyalurkan dana hibah untuk penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tersebut. “Kami menyampaikan terima kasih atas dukungan Kepala Kejaksaan Negeri Batu Bara Diky Oktavia yang telah mengawal dan membantu dalam proses NPHD hingga sampai 100% diterima KPU Batu Bara,” pungkasnya. (ebson/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles