24.5 C
New York
Monday, July 15, 2024

Joe Biden Serukan Akhiri Perang Israel-Hamas

Washington, MISTAR.ID

Usai menghadiri KTT NATO di Washington DC, pada Kamis (11/7/24), Presiden AS Joe Biden menyerukan agar diakhirinya perang Israel-Hamas.

Dalam sebuah konferensi pers, Biden menuturkan para mediator Amerika Serikat telah membuat kemajuan dalam mencapai kesepakatan gencatan senjata Gaza. Ia juga mengakui kekhawatirannya terhadap tindakan-tindakan Israel meskipun secara keseluruhan ia mendukung sekutu AS tersebut.

“Inilah saatnya untuk mengakhiri perang ini. Meski masih ada isu-isu yang sulit dan kompleks antara Israel dan Hamas. Saya berharap dapat meyakinkan orang Israel untuk melakukannya dan kesempatannya sekarang,” kata Biden dari AFP yang dilansir, Jumat (12/7/24).

Meski masih ada kesenjangan yang harus ditutup. Biden yakin dan bertekad untuk menyelesaikan kesepakatan ini dan mengakhiri perang yang seharusnya sudah berakhir sekarang.

Baca juga: Ribuan Ton Sampah Menumpuk, Warga Gaza Terancam Penyakit

“Lebih dari sebulan yang lalu, saya memaparkan sebuah usulan gencatan senjata di Gaza. Dimana dalam usulannya datang dari Israel, Israel akan menghentikan sementara serangannya di Gaza dan Hamas akan membebaskan para sandera. Kedua belah pihak kemudian difasilitasi untuk mengadakan pembicaraan yang mengarah pada gencatan senjata secara permanen,” terangnya.

Terkait sulan itu, Hamas membawa “proposal tandingan”, sementara Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu telah menghadapi penolakan dari beberapa sekutu pemerintahnya yang berhaluan kanan.

Namun, para diplomat telah berbicara tentang kemajuan dalam putaran pembicaraan terbaru yang ditutup pada Kamis di Qatar, yang merupakan mediator utama. Biden sendiri memberikan dukungannya kepada Israel setelah serangan 7 Oktober oleh Hamas di Israel selatan. (kcm/hm25)

Related Articles

Latest Articles