25.4 C
New York
Friday, July 12, 2024

Catat! 22 Juli Tiga Ruas Jalan di Siantar Mulai Berubah

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar melalui Dinas Perhubungan (Dishub) akan mengubah arus tiga jalan utama di pusat kota. Hal itu dilakukan untuk menekan kepadatan arus lalu lintas, khususnya Jalan Sutomo.

Kepala Bidang Perhubungan Darat (Kabid Hubdar) Dishub, Agresa Affandi mengatakan sosialisasi sekaligus uji coba perubahan, itu terlaksana pada 15-20 Juli 2024. Proses pemantapan itu pun dilanjutkan dengan uji coba, pada 22 Juli sampai 3 Agustus 2024 mendatang.

Dia bilang, ketiga arah jalan yang berubah yakni Jalan Ciptomangunkusumo, Jalan Sabang-Merauke, dan Jalan Wahidin yang mengarah ke arah Jalan Sutomo.

Baca juga: Pedagang di Pasar Dwikora Keluhkan Atap Ambruk, Pemko Siantar Sentil Pengelola

“Jalan Cipto akan berubah arah, yaitu masuk dari Jalan Vihara menuju Jalan Diponegoro. Selanjutnya Jalan Wahidin, masuk dari Jalan Sutomo menuju ke Jalan Sabang-Merauke, dan ke luar menuju Jalan Vihara,” ucap Agresa saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (12/7/24).

“Kemudian satu lagi di ujung Jalan Cipto atau pertigaan Jalan Diponegoro, pengendara dilarang berbelok ke kanan menuju Jalan Sutomo,” katanya menambahkan.

Dijelaskan, urgensi rekayasa permanen ketiga ruas jalan lantaran Jalan Sutomo terlalu padat. Situasi tersebut berlangsung setiap hari pada jam-jam prime time sehingga sangat mengganggu.

Baca juga: Pemko Siantar Terkendala Biaya Pembongkaran Bangunan di Belakang Gedung Merdeka

Rekayasa lalu-lintas, kata dia, merupakan tindak lanjut dari fungsi Dishub Kota Pematangsiantar yang tertuang dalam Perwa Nomor 27 Tahun 2022.

Related Articles

Latest Articles