25.4 C
New York
Friday, July 12, 2024

Samosir Diguncang Gempa Bumi Magnitudo 3,1

Samosir, MISTAR.ID

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 3,1 mengguncang Kabupaten Samosir, Jumat (12/7/24) pagi. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan gempa tersebut berpusat di Barat Daya wilayah Samosir.

“Kejadian dan parameter gempa bumi magnitudo 3,1 terjadi di Kabupaten Samosir pada pukul 09.21 WIB. Episenter gempa bumi terletak pada 2.59° LU dan 98.64° BT di kedalaman 3 km,” jelas Kepala Balai Besar MKG Wilayah I, Hendro Nugroho, melalui keterangan tertulis.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, lanjut Hendro, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif.

Baca juga: BMKG: Gempa di Sangihe Sulut Tak Memicu Tsunami

“Berdasarkan laporan masyarakat, gempa ini dirasakan di daerah Aek Rangat, Kecamatan Pangururan dengan skala intensitas II–III Modified Mercalli Intensity (MMI), yaitu getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu,” ucapnya.

Namun, dikatakan Hendro, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan akibat dari gempa tersebut.

“Hingga pukul 09.43 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa belum ada kejadian gempa susulan,” ujarnya.

Dengan peristiwa tersebut, BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (deddy/hm20)

Related Articles

Latest Articles