33.4 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

Wasit Francois Letexier Pimpin Pertandingan Final Euro 2024

Berlin, MISTAR.ID

Wasit Francois Letexier akan memimpin pertandingan final Euro 2024 antara Spanyol vs Inggris, 15 Juli mendatang. Letexier akan bertugas memimpin laga penting itu, dibantu asisten Cyril Mugnier dan Mehdi Rahmouni. Sementara wasit keempat dipercayakan kepada Szymon Marciniak.

Nama Letexier tak asing buat pecinta sepakbola Indonesia. Belum lama ini, ia sempat memimpin laga Indonesia asuhan Shin Tae-yong dan bikin kesal penggemarnya. Dalam kepemimpinannya itu, Letexier dinilai pernah 3 kali merugikan Timnas Indonesia U-23.

Momen itu terjadi dalam laga playoff perebutan tiket Olimpiade 2024 Paris dua bulan lalu. Saat itu, Timnas Indonesia U-23 melawan Guinea di Clairefontaine, Prancis, 9 Mei 2024. Keputusan Francois Letexier yang bikin kesal Indonesia adalah dua kali memberi penalti kontroversial yang terjadi di tiap babak pertandingan.

Baca Juga : Final Euro 2024 Pertemukan Spanyol Vs Inggris

Letexier saat ini berusia 35 tahun. Pria kelahiran Bedee, Prancis itu sudah menjadi wasit internasional sejak 2017. Ia tercatat sudah memimpin 65 pertandingan di bawah naungan UEFA. Kini, Letexier akan memimpin laga ke-66 yang akan menjadi pertandingan terbesar dalam kariernya.

Di musim lalu, Letexier memimpin 10 pertandingan kompetisi antarklub UEFA dan jadi ofisial keempat final Liga Champions antara Real Madrid vs Borussia Dortmund. Pada gelaran Euro 2024 ini, wasit berlisensi FIFA ini telah memimpin tiga pertandingan yakni Denmark vs Serbia, Kroasia vs Albania, dan Spanyol vs Georgia. (dtc/cnn/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles