24.2 C
New York
Monday, July 15, 2024

PON Aceh-Sumut 2024, Kemenpora Siapkan Dana Rp 516 M

Jakarta, MISTAR.ID

Kementerian Pemuda dan Olahraga mengalokasikan anggaran sebesar Rp516 miliar untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024.

“Hari ini resmi. Semua perjanjian kerja sama telah ditandatangani dan dukungan pemerintah telah terealisasi,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo seusai penandatanganan perjanjian di Jakarta, Kamis (11/7/24).

Perjanjian tersebut ditandatangani oleh Kementerian, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), dan Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumatera Utara 2024.

Ariotedjo mengatakan, anggaran yang dialokasikan pemerintah untuk PON akan digunakan untuk memenuhi sejumlah kebutuhan primer. Misalnya, Rp176 miliar dari total anggaran akan digunakan untuk pertandingan.

Baca juga: Ada 56 Rumah Sakit Rujukan Atlet dan Official PON XXI Aceh-Sumut 2024

Dari total anggaran perlombaan, Rp72 miliar akan diberikan untuk Aceh, Rp74 miliar untuk Sumut, dan Rp30 miliar untuk mendukung kebutuhan panitia, pengawas, dan juri, serta untuk memenuhi biaya hukum.

Kemudian, anggaran untuk upacara pembukaan di Aceh sebesar Rp60 miliar, dan upacara penutupan di Sumut sebesar Rp41 miliar.

Selain itu, anggaran yang dibutuhkan untuk fasilitas turnamen di Aceh sebesar Rp138 miliar dan untuk Sumut sebesar Rp101 miliar.

Ariotedjo berharap, dengan ditandatanganinya perjanjian kerja sama anggaran ini, semua pihak dapat bersinergi, saling mendukung, dan bersinergi untuk mewujudkan PON yang sukses.

Baca juga: PHRI Sumut: Hotel Berbintang Siap Tampung Atlet PON 2024

“Diharapkan PON dapat sukses dalam empat aspek, yakni penyelenggaraan, prestasi, penyelenggaraan, dan peningkatan ekonomi daerah. Ini merupakan kesempatan yang sangat berharga, di mana kita semua mendukung kemajuan prestasi olahraga nasional,” ujarnya.

Menpora pun berharap penyelenggaraan PON tahun ini dapat menjadi sejarah baru karena untuk pertama kalinya PON digelar di dua provinsi.

PON Aceh-Sumatera Utara akan berlangsung pada 8–20 September 2024 dan mempertandingkan 67 cabang olahraga, yang mana 33 cabang olahraga dipertandingkan di Aceh dan 34 cabang olahraga di Sumatera Utara. (antara/hm17)

Related Articles

Latest Articles