24.4 C
New York
Thursday, July 11, 2024

Proaktif Kampanye, Pemkab Sergai Raih Awarding Pariwara Anti-Korupsi dari KPK

Semarang, MISTAR.ID

Dinilai proaktif melaksanakan kampanye antikorupsi, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), menjadi salah satu daerah yang menerima Awarding Pariwara Antikorupsi 2024 oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia (RI).

Penghargaan tersebut diberikan oleh Pimpinan KPK RI Alexander Marwata kepada Bupati Sergai H Darma Wijaya pada acara Awarding Pariwara Antikorupsi dan Pembukaan Roadshow Bus “Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi” di Gedung Gradika Bhakti Praja, Kota Semarang Jawa Tengah, Kamis (11/7/2024).

Pimpinan KPK RI Alexander Marwata dalam kesempatan itu menyampaikan jika penghargaan ini sebagai wujud apresiasi kepada daerah yang berhasil dalam mengkampanyekan gerakan antikorupsi.

Baca juga: 8 Pegawai Aktif KPK Terlibat Judol, Inspektorat Tindaklanjuti

Pimpinan KPK RI menyebut jika mengkampanyekan antikorupsi bukan hanya tugas jajaran KPK semata. Akan tetapi menjadi tugas kita bersama. Pendidikan antikorupsi butuh upaya yang maksimal dari seluruh komponen.

Dikatakannya jika mengkampanyekan anti korupsi bisa dilakukan dengan menanamkan nilai integrasi yang dilakukan dimulai dari lingkup terkecil yaitu keluarga. Hal ini karena dari lingkup keluarga kita bisa menerapkan nilai-nilai kejujuran pada anggota keluarga.

“Pemberantasan korupsi akan berhasil jika ada komitmen ditanamkan dari pimpinan tertinggi. Terima kasih kepada pemerintah daerah yang hadir maupun BUMD atas kerjasamanya dalam mengkampampanyekan bersama antikorupsi ini,” tutupnya.

Usai menerima penghargaan, Bupati Sergai H Darma Wijaya mengapresiasi atas gelaran yang dilaksanakan oleh KPK RI ini. Menurutnya, ini merupakan penghargaan yang prestisius dan menjadi penyemangat bagi jajaran Pemkab Sergai untuk terus bekerja, berkarya terkhusus dalam mengkampanyekan nilai-nilai antikorupsi di jajaran pemerintahan daerah sekaligus masyarakat luas.

Baca juga: Pegawai KPK Ditemukan Main Judi Online

“ Alhamdulillah Kabupaten Sergai menjadi satu-satunya pemerintah daerah di Sumatera Utara yang menerima Awarding Pariwara Antikorupsi dari KPK RI. Penghargaan ini akan menjadi cambuk semangat bagi kami untuk bekerja lebih keras lagi. Terima kasih juga kepada jajaran Perangkat Daerah terkhusus Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang telah kreatif dalam memproduksi konten pariwara untuk kampanye antikorupsi hingga akhirnya mendapat penghargaan ini,” katanya.

Selain Pemkab Sergai terdapat 9 daerah yang menerima penghargaan prestisius ini yaitu; Dirut Utama PT. Bank Aceh Syariah, Wali Kota Batu, Bupati Kudus, Wali Kota Banjarmasin, Bupati Bombana, Dirut Perusahaan Umum Daerah Air Minum Giri Nawa Tirta Kabupaten Pasuruan, Wali Kota Madiun, Wali Kota Surabaya dan Wali Kota Pekalongan. Penghargaan ini juga mendapat atensi yang sangat besar secara nasional. Dibuktikan dari keikutsertaan yang mencapai 297 instansi/OPD Pemda dan BUMD yang berasal dari 20 Provinsi dengan total partisipasi 429 peserta.

Sebagai informasi, periode pelaksanaan kampanye ini berlangsung  tanggal 25 Maret-25 April 2024 lalu. Kampanye ini dilakukan melalui publikasi konten video di kanal youtube, media sosial maupun media luar ruang yang menyerukan antikorupsi. Selain piagam dan piala, KPK juga memberikan apresiasi kepada Dinas Kominfo Sergai berupa undangan untuk mengikuti Workshop on Strategic and Creative Campaign. Workshop ini menghadirkan sejumlah pembicara, baik akademisi dan praktisi, yang kompeten di bidang kepenulisan kreatif, editing, hingga pemanfaatan artificial intelligence (AI). (damanik/hm17)

Related Articles

Latest Articles