27.8 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

Pekerja Rentan 15 Desa di Tapsel akan Didaftarkan Sebagai Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Padangsidimpuan, MISTAR.ID

Komitmen pengusaha untuk membantu atau menanggulangi iuran Jamsostek pekerja rentan di lingkar perusahaan melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR) mendapat apresiasi dari Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Padangsidimpuan, Eris Aprianto.

Eris mengatakan, pada rapat itu disepakati masing-masing perusahaan di wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) berkomitmen untuk memberikan bantuan pendanaan melalui CSR dengan mendaftarkan pekerja rentan di 15 desa sekitar perusahaan.

“Selain menindaklanjuti komitmen bersama antara BPJS Ketenagakerjaan, Pemkab Tapsel dan perusahaan untuk bisa berkontribusi dalam program BPJS Ketenagakerjaan, pertemuan ini juga untuk menganalisis kebutuhan pelatihan dan penyusunan perjanjian kerja sama, pelatihan kerja, serta penempatan tenaga kerja di dunia usaha,” ujar Eris saat rapat dengan Pemda di kantor Bupati Tapsel, Senin (8/7/24).

Untuk mengimplementasikan komitmen itu, Eris meminta Pemkab Tapsel membantu memverifikasi data pekerja rentan dari masing-masing kelurahan/desa di lingkar perusahaan yang akan didaftarkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami juga mohon bantuan kepada Pemkab Tapsel perihal data agar penerima bantuan benar-benar pekerja yang tepat sasaran, serta yang sudah menerima bantuan dari Pemkab Tapsel tidak didaftarkan lagi oleh perusahaan, agar tidak terjadi ganda,” pintanya.

Baca Juga : BPJS Ketenagakerjaan Dampingi Peserta yang Kecelakaan dalam Bekerja

Dalam kesempatan itu, Eris juga mengaku siap memberikan sosialisasi kepada penerima bantuan iuran peserta BPJS Ketenagakerjaan agar memahami betapa pentingnya manfaat BPJS ketenagakerjaan bagi pekerja dan keluarga, termasuk masa depan pendidikan anak pekerja.

“Terima kepada Pemda Tapsel yang telah memfasilitasi dan mengundang pihak perusahaan maupun badan usaha dalam rangka perluasan perlindungan sosial bagi pekerja rentan. Terima kasih juga dengan komitmen yang sudah dibentuk, terkhusus dalam hal memberikan dukungan dan tanggung jawab sosial dari masing-masing perusahaan untuk memberikan bantuan pendanaan melalui CSR dengan mendaftarkan pekerja rentan di 15 desa sekitar perusahaan,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Plh Sekda Tapsel Hendry Hamdani Hasibuan menyampaikan bahwa sinergitas yang dijalin dapat mengangkat harkat dan martabat masyarakat Tapsel melalui perluasan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan di daerah itu.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles