25 C
New York
Tuesday, July 9, 2024

Warga Gelar Penggalangan Dana Korban Kebakaran Jalan Bersama

Medan, MISTAR.ID

Pasca kebakaran di Jalan Bersama, Kelurahan Bantan, Kecamatan Medan Tembung, Kota Medan, pada Senin (8/7/24), para korban sudah mendapat bantuan dari kelurahan setempat.

Bantuan yang diberikan berupa sembako dan disalurkan oleh Lurah Bantan, pada Selasa (9/7/24).

Selain itu, warga sekitar lokasi juga memberikan bantuan berupa baju bekas layak pakai.

Baca juga:5 Unit Rumah Terbakar di Jalan Bersama Medan Tembung

“Ada bantuan sembako sama duit dikasih sama Lurah tadi,” ujar Nur Hasimah Harahap, salah seorang korban.

Dikatakan Hasimah, pihak kelurahan juga memberikan makanan kepada para korban sebanyak 3 kali dalam sehari. “Dikasih sehari 3 kali. Terus katanya selama 3 hari,” tuturnya.

Selain itu, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Medan Tembung juga menggelar penggalangan dana tepat di depan puing-puing rumah para korban. Aksi itu dilakukan untuk membantu meringankan beban para korban kebakaran.

“Insya allah selama 3 hari. Dimulai dari kemarin sekitar jam 4 sampai besok kita lakukan,” ucap Ketua DPC PKS Medan Tembung, Suyono.

Baca juga:Ini Penyebab Kebakaran di Jalan Bersama Medan Tembung

Hingga kini, kata Suyono pihaknya telah mengumpulkan dana sebesar Rp 6 juta. Uang tersebut bersumber dari kader PKS Medan Tembung dan masyarakat yang melintas di lokasi.

“Kalau dari kader kita kumpulkan Rp 2,5 juta. Dari penggalangan ini sudah mencapai Rp 3 jutaan lebih. Totalnya sekarang sudah lebih dari Rp 6 juta. Insya allah nanti kita salurkan kepada 7 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak,” ujarnya.

Dijelaskan Suyono, penggalangan dana tersebut juga dibantu warga sekitar lokasi. Warga sekitar berdiri di pinggir jalan menggunakan kotak air mineral menunggu uluran tangan para pengendara.

“Dibantu warga, bukan cuma kita yang disini. Tadi juga ada saudara kita dari perkumpulan Tionghoa datang memberi makanan untuk korban,” jelasnya.

Baca juga:Kebakaran di Jalan Bersama Hanguskan Mobil Yaris

Sementara para korban mengaku terpaksa menumpang di rumah keluarga masing-masing. Hal itu dilakukan hingga mereka mendapat rumah kontrakan baru.

“Saya di rumah kakak sama anak yang perempuan. Kalau anak yang laki-laki numpang di rumah kawannya,” tutur Hasimah.

Dikatakan Hasimah, usai mengumpulkan seluruh bantuan dari berbagai pihak dirinya akan mencari rumah kontrakan baru. Janda yang memiliki anak 2 itu pun mengaku bersyukur, dengan aksi yang dilakukan warga sekitar dan pihak-pihak yang telah menyalurkan bantuan kepada mereka.

“Alhamdulillah. Kalau sudah terkumpul saya cari lah kontrakan baru. Kami semua yang tinggal di situ mengontraknya,” jelasnya. (putra/hm16)

Related Articles

Latest Articles