24.4 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

Media Berperan Penting Suksesnya Pilkada Serentak 2024

Medan, MISTAR.ID

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, Tito Karnavian mengatakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 seperti orkestra yang artinya kerja sama semua pihak.

“Apapun itu election, pemilihan baik pusat, daerah, maupun legislatif, itu lah orkestra, artinya kerja sama semua yang terkait,” ucapnya dalam Rapat Koordinasi Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada serentak 2024 Wilayah Sumatera di Regale International Convention Center, Jalan H Adam Malik, Kecamatan Medan Baru, Selasa (9/7/24).

Mantan Kapolri tersebut menyebut penyelenggaraan ini melibatkan banyak sekali pihak, hampir 4 juta para penyelenggara sampai tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS). Di Bawaslu sendiri mempunyai 800 ribu informan.

Baca juga : Ketua KPU Sumut: Media Memberitakan, Media Menentukan

Terkait peran media, Tito berharap kerjasama yang baik dalam pemberitaan selama Pilkada serentak 2024 berlangsung.

“Media tidak sekadar memberikan pemberitaan yang positif dan tidak hoaks, tetapi juga memberikan pemberitaan yang bisa mendinginkan masyarakat,” sebutnya.

Baca juga : Pertama Kali Pilkada Serentak, Menkopolhukam: Harus Sinergi

Sebelumnya, Menkopolhukam, Hadi Tjahjanto juga menyampaikan hal senada mengenai peran media yang tak kalah penting, untuk memastikan pemberitaan Pilkada yang akurat, berimbang, dan bebas dari hoaks.

Hadi menambahkan sebagai bagian komponen bangsa, mari bersama-sama terlibat dalam menjaga persatuan dan kesatuan guna menghindari polarisasi di masyarakat. (maulana/hm18)

Related Articles

Latest Articles