32.5 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

DPRD Medan Minta KPU Pastikan Data Pemilih Pilkada Serentak 2024 Memang Akurat

Medan, MISTAR.ID

Komisi I DPRD Medan meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan untuk memastikan data pemilih pada Pilkada serentak 2024 nanti benar-benar akurat.

Sebab, akurat atau tidaknya data pemilih nantinya akan bisa menjadi penentu sukses atau tidaknya penyelenggara pada Pilkada Serentak 2024.

“Pilkada 2019 lalu harus menjadi contoh. Baik itu soal rendahnya partisipasi pemilih maupun data yang ada. Dimana pada Pilkada 2019 lalu, ada data orang yang sudah meninggal dan pindah ke luar kota masih terdaftar dalam DPT. Ini harus diantisipasi, makanya datanya harus akurat,” tegas Ketua Komisi I DPRD Medan, Robi Barus dalam RDP bersama KPU dan Bawaslu Medan, Selasa (9/7/24).

Baca juga : DPRD Medan Minta Penyelenggara Pemilu Junjung Tinggi Kejujuran saat Pilkada Serentak 2024

Robi juga mempertanyakan sudah sejauh mana proses dan tahapan yang telah dilakukan KPU Kota Medan menjelang digelarnya Pilkada serentak pada 27 November 2024 mendatang.

“KPU Medan juga harus tahu berapa jumlah maksimum DPT per tempat pemungutan suara (TPS) dan jumlah pemilih aktif hingga saat ini,” katanya.

Menanggapi pertanyaan dari Robi Barus, Koordinator Divisi Teknis KPU Medan, Taufiqurrohman Munthe menjelaskan saat ini pihaknya sudah melakukan tahapan pemutakhiran jumlah pemilih yang dilakukan dari 24 Juni hingga 25 Juli 2024.

Related Articles

Latest Articles