16.9 C
New York
Sunday, October 6, 2024

Gagal di Pemilu, PM Prancis Mengundurkan Diri

Ankara, MISTAR.ID

Gagal dalam putaran kedua pemilu, Perdana Menteri Prancis Gabriel Attal, mengumumkan akan mengajukan pengunduran diri pada, Minggu malam (7/7/24).

Pengajuan pengunduran diri tersebut disampaikannya kepada Presiden Emmanuel Macron, Senin (8/7/24).

“Saya akan mengajukan pengunduran diri saya kepada presiden besok pagi,” kata Attal yang dilansir Mistar.

Ditambah formasi politik yang diwakilinya dalam kampanye ini tidak memiliki mayoritas dalam menjalankan pemerintahan Prancis.

Baca juga: Ini Tujuan 210 Peserta Pemilu Prancis Mundur

Hal ini mengacu pernyataannya pada jumlah kursi yang diperoleh oleh partai sayap kanan Rassemblement National (RN) dan aliansi sayap kiri Nouveau Front populaire (NFP) yang mencapai mayoritas untuk memerintah negara tersebut.

NFP bisa memenangi 180 hingga 205 kursi di majelis rendah parlemen, yaitu Majelis Nasional, menurut proyeksi terbaru berdasarkan perkiraan perusahaan survei Ifop.

Aliansi sentris Ensemble, yang didukung oleh Presiden Macron, berada di peringkat kedua dengan kemungkinan perolehan kursi sebanyak 164 hingga 174, sementara RN yang dipimpin Marine Le Pen akan memperoleh 130 hingga 145 kursi.

Majelis Nasional memiliki total 577 kursi dan tidak satu pun dari tiga blok utama tersebut diproyeksikan memperoleh mayoritas absolut dengan 289 kursi. (ant/hm25)

Related Articles

Latest Articles