18.6 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Obat Tumbuhkan Gigi Sedang Diuji Coba ke Manusia

Jakarta, MISTAR.ID

Obat yang dapat menumbuhkan kembali gigi tengah diuji coba pada manusia. Setelah sebelumnya sukses diuji coba pada musang.

September 2024, 30 pria dewasa akan menerima obat ini secara intravena. Uji coba masih masuk ke dalam tahap I. Dimana, pengujian untuk mengetahui keamanan dan kemanjurannya.

Obat ini mengandung antibodi terhadap gen yang disebut USAG-1, yang menghambat pertumbuhan gigi dengan mengikat faktor pertumbuhan yang disebut BMP. Uji coba tahap pertama akan dilakukan di Rumah Sakit Kyoto di Jepang selama 11 bulan.

Seluruh manusia yang mengikuti uji coba dinyatakan sehat dan setidaknya satu gigi mereka telah copot.

Baca juga: Mengapa Perawatan Gigi Sulit Dijadikan Lifestyle?

Jika uji coba ini berhasil, para peneliti berencana memberikan obat tersebut kepada anak-anak yang mengalami kekurangan gigi bawaan, dengan fokus awal pada pasien berusia antara dua dan tujuh tahun.

“Kami ingin melakukan sesuatu untuk membantu mereka yang kehilangan atau kekurangan gigi,” kata pemimpin peneliti Katsu Takahashi, dikutip dari IFL Science, Rabu (26/6/24).

“Meskipun hingga saat ini belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan secara permanen, kami merasa bahwa harapan masyarakat terhadap pertumbuhan gigi sangat besar,” tambahnya.

Jika uji coba mendatang ini terbukti berhasil, obat tersebut akan tersedia secara luas dalam waktu enam tahun. Selain itu, obat ini dapat digunakan untuk menumbuhkan kembali gigi pada pasien dengan kelainan bawaan serta mereka yang kehilangan gigi karena cedera atau pembusukan. (IFL Science/hm20)

Related Articles

Latest Articles