19.7 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Karir Moncer Jon Sarman Saragih Sebelum Dipromosikan Sebagai Ketua PN Medan

Medan, MISTAR.ID

Hakim Jon Sarman Saragih dipromosikan oleh Mahkamah Agung (MA) menjadi Ketua Pengadilan Negeri (PN) Medan menggantikan Victor Togi Rumahorbo. Jon berasal dari Kecamatan Panei, Kabupaten Simalungun dan terlahir dari orang tua yang berprofesi sebagai petani.

Sebelum mendapatkan promosi menjadi Ketua PN Medan, Jon menduduki jabatan sebagai Ketua PN Bandung. Dengan kecemerlangan karier yang dimiliki, pria kelahiran 7 Maret 1965 itu pun sempat dipercaya menjadi Ketua Majelis Hakim untuk mengadili kasus narkoba yang menjerat Kapolda Sumatera Barat (Sumbar), Teddy Minahasa.

Karier Jon diawali dengan menjadi Staf di PN Binjai pada tahun 1992. Kemudian, pria alumnus Sarjana Hukum (S1) Universitas Darma Agung itu lulus menjadi Calon Hakim (Cakim) di PN Binjai. Selanjutnya, ia diangkat menjadi Hakim pada tahun 1996. Sejak saat itu, anak ketiga dari enam bersaudara itu bertugas pertama kali di PN Kabanjahe.

Setelah menjadi Hakim, Jon tak melunturkan semangatnya untuk menambah dan meningkatkan pengetahuannya di bidang hukum dengan melanjutkan pendidikan tingginya di Universitas Sumatera Utara (USU).

Baca Juga : Hakim yang Vonis Teddy Minahasa Dipromosikan Jadi Ketua PN Medan

Ia berhasil menyelesaikan program Magister Hukum (S2) di USU tersebut pada tahun 1999. Setelah itu, Jon dimutasi menjadi Hakim PN Kisaran pada tahun 2000. Kemudian, pada tahun 2006 Jon kembali dimutasi menjadi Hakim PN Wates dan pada tahun 2010 dimutasi menjadi Hakim PN Mataram.

Saat jadi Hakim PN Mataram, ia sempat ditunjuk menjadi Ketua Majelis Hakim untuk menyidangkan kasus narkoba jenis heroin seberat 1,5 Kg. Saat itu, Jon memvonis terdakwa dengan pidana penjara seumur hidup.

Setelah menjadi Hakim PN Mataram, Jon mulai dipromosikan menjadi Wakil Ketua PN Temanggung pada tahun 2013. Setahun kemudian, Jon kembali ditugaskan untuk menjadi Hakim di Sumut.

Kala itu ia dipercaya untuk menjadi Ketua PN Sidikalang. Selanjutnya pada tahun 2016, Jon dipromosikan menjadi Wakil Ketua PN Tenggarong. Berselang 2 tahun kemudian tepatnya tahun 2018, pria yang memiliki 3 orang anak itu kembali ditugaskan ke provinsi kelahirannya (Sumut). Saat itu, Jon dipercaya menjadi Ketua PN Simalungun.

Pada tahun 2019, pria yang mengenyam pendidikan sejak kecil hingga remaja di Kabupaten Simalungun itu dipindahtugaskan menjadi Wakil Ketua PN Lubuk Pakam. Setahun kemudian, Jon ditunjuk menjadi Ketua PN Lubuk Pakam. Lalu, pada tahun 2021, Jon dipromosikan menjadi Ketua PN Bengkulu.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles