23.4 C
New York
Friday, September 27, 2024

BMKG: Gempa Susulan Samosir Sebanyak 36 Kali

Samosir, MISTAR.ID

Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo (M) 3,8 terjadi di Samosir, Sumatera Utara (Sumut), Minggu (23/6/24) pukul 00.03 WIB. Gempa tersebut pun berpusat di darat. Tepatnya pada titik koordinat 2,58 lintang utara dan 98,66 bujur timur.

Kepala Balai Besar MKG Wilayah I Medan Hendro Nugroho mengatakan, gempa bumi yang terjadi di Samosir dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berlokasi di darat pada jarak 6 km barat daya Samosir dan kedalaman 1 km.

“Jenis dan mekanisme gempa bumi dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Besar Sumatra pada segmen Renun,” ungkap Hendro Nugroho, Minggu (23/6/24).

Adapun dampak dari gempa bumi yang terjadi dan dirasakan masyarakat seperti di daerah Pangururan-Samosir dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Baca juga: Gempa 4,1 Magnitudo Guncang Kabupaten Simeulue

“Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi. Sejak pukul 00:03 WIB hingga pukul 00:23 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan terdapat 6 kejadian gempa bumi susulan (aftershock) dan sebelumnya didahului oleh 5 _(foreshock),” ungkapnya lagi.

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Lanjutnya lagi, gempa bumi susulan juga kembali terjadi pada Minggu (23/6/24) sejak pukul 00:03 WIB hingga pukul 02:42 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan terjadi 30 gempa bumi susulan (aftershock). Dua diantaranya dirasakan masyarakat. (Hamzah/hm20)

Related Articles

Latest Articles