19.2 C
New York
Saturday, September 28, 2024

KPU Palas Gelar Bimtek Aplikasi Sidalih dan e-Coklit

Palas, MISTAR.ID

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kabupaten Padang Lawas (Palas) melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) pemutakhiran data pemilih dan penggunaan aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih), serta e-Coklit, pada Kamis (20/6/24).

Pelaksanaan bimtek bertujuan untuk menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Palas tahun 2024. Bimtek berlangsung selama 1 hari di Hotel Syamsiyah Sibuhuan.

“Bimtek sebagai pembekalan dan penguatan kapasitas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) 17 kecamatan dalam pemutakhiran data pemilih pada Pilkada Serentak,” kata Johan Wahyudi selaku Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Palas.

Baca juga:5 Komisioner KPU Palas Periode 2024-2029 Dilantik

Johan mengatakan, KPU telah merencanakan coklit serentak mulai 24 Juni sampai 24 Juli 2024. Dan nantinya akan ada petugas Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) mendatangi rumah-rumah untuk pendataan.

“Nanti petugas Pantarlih akan datang ke rumah-rumah warga melakukan pencocokan dan penelitian terhadap data pemilih yang sudah dipetakan dalam bentuk model A daftar pemilih,” ujarnya.

Untuk pemetaan dan penyusunan daftar pemilih, KPU menggunakan prinsip efektif dan efisien, yaitu tidak menyatukan pemilih berbeda desa, kemudahan ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), tidak memisahkan pemilih dalam 1 Kepala Keluarga (KK), serta memperhatikan aspek geografis.

Baca juga:KPU Palas Salurkan Logistik Pemilu Tahap Pertama

“Kami berharap masyarakat menyambut baik petugas Pantarlih yang datang ke rumah-rumah, cukup dengan menunjukkan dokumen yang dibutuhkan, yaitu Kartu Tanda Penduduk (KTP), KK, biodata penduduk atau Identitas Kependudukan Digital (IKD),” katanya.

Turut hadir sebagai narasumber dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), demisioner KPU Palas periode 2019-2024, Amran Pulungan dan perwakilan dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II Sibuhuan. (iskandar/hm16)

Related Articles

Latest Articles