19.7 C
New York
Saturday, September 28, 2024

PPDB SD di Simalungun Dimulai 11 Juni 2024

Simalungun, MISTAR.ID

Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Simalungun telah mengumumkan pembukaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) yang akan berlangsung secara serentak mulai 11 hingga 21 Juni 2024.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas), Uli Purba menyampaikan, bahwa tahap pertama pendaftaran akan dibuka untuk jalur afirmasi pada tanggal 11-13 Juni. Selanjutnya, pendaftaran jalur zonasi akan dilaksanakan mulai 14 hingga 21 Juni.

Baca juga:Ombudsman Imbau Pejabat Tak Intervensi Pelaksanaan PPDB 2024

“Jadi untuk tahap pertama diutamakan para peserta yang terdaftar di Program Keluarga Harapan (PKH),” ujar Uli saat ditemui di ruang kerjanya, pada Rabu (12/6/24).

Di Kabupaten Simalungun, terdapat 744 SD yang tersebar di 32 kecamatan, 65 di antaranya adalah SD swasta yang siap menerima murid baru melalui proses PPDB.

Jalur afirmasi memberikan prioritas kepada calon murid dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH. Sementara jalur zonasi akan mengakomodasi calon murid berdasarkan lokasi tempat tinggal mereka.

Baca juga:PPDB Gelombang I di Siantar-Simalungun Tuntas, Tahap Dua Dibuka 9 Juni

Dengan sistem ini, Disdik Kabupaten Simalungun berharap dapat memberikan kesempatan pendidikan yang lebih merata dan adil bagi seluruh anak di daerah itu.

Uli bilang, untuk mendaftar ke SD di Kabupaten Simalungun, para orang tua dan calon pelajar wajib memenuhi beberapa persyaratan di antaranya, harus berusia minimal 6 tahun pada tanggal 1 Juli 2024. Calon siswa-siswi juga harus melampirkan fotokopi akta kelahiran atau surat keterangan lahir. Juga fotokopi Kartu Keluarga (KK) yang mencantumkan nama calon siswa-siswi.

“Untuk jalur afirmasi, calon pelajar harus melampirkan bukti keikutsertaan dalam PKH. Jalur zonasi wajib melampirkan surat keterangan domisili yang sesuai dengan alamat pada KK dan membawa pas foto terbaru calon pelajar ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 lembar,” ujarnya. (indra/hm16)

Related Articles

Latest Articles