21.5 C
New York
Saturday, September 28, 2024

Jogja-Netpac Asian Film Festival Hadirkan 18 Sinema dari Sumatera, Angkat Budaya dan Kearifan Lokal

Pematangsiantar, MISTAR.ID

Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) menghadirkan sebuah kolaborasi terbaru. Besar harapannya kolaborasi ini bisa turut memperkaya ekosistem perfilman di Indonesia.

Setelah menayangkan film-film dari program ‘Indonesian Shorts Selection’, kali ini JAFF melalui program ‘JAFF Layar Komunitas: Focus on Sumatra’ yang mengusung tema ‘Sajian Sinema Sumatra’.

Ini merupakan program penayangan 18 film pendek pilihan dari sineas atau film Sumatera di Bioskop Online. Beberapa film yang bisa menjadi pilihan antara lain, Sosak: ‘Land, Shade, and Sulaiman’s Sleeping Sickness’ yang disutradarai oleh Ahmad Syafiq.

Baca juga:Film Basri & Salma in a Never-ending Comedy Ceritakan Kisah Unik Pasutri

Film ini bercerita tentang sebuah rumah di dalam ribuan hektar lahan yang subur, terdapat Maryam berusia 35 tahun berjuang menyembuhkan penyakit tidur anak laki-lakinya yang membahayakan. Sebuah penyakit sekaligus keahlian tingkat tinggi yang diturunkan kepada setiap anak laki-laki, yaitu membakar hutan dalam tidur.

Peristiwa-peristiwa kebakaran terjadi bersamaan dengan gejala penyakit tidur yang semakin parah. Maryam pantang menyerah, hingga akhirnya ia diajak oleh bos kampung menemui tuan tanah, satu-satunya orang yang tahu solusi untuk penyakit anaknya.

Seorang tuan tanah yang akhirnya ia temui dan berkata bahwa penyakit anaknya tak butuh disembuhkan, melainkan ia butuh terus disalurkan.

Baca juga:Kisah yang Menginspirasi, Nobar Film Lafran Pane saat Dilaunching

Film lainnya yaitu Sembunyik Gong karya sutradara Rian Apriansyah, menyuguhkan kisah Zahran yang tengah bermain petak umpet bersama temannya. Di saat bersembunyi, suasana tiba-tiba menjadi hening.

Asap memenuhi ruangan dan teman-temannya menghilang. Sosok hitam misterius muncul meneror Zahran dan membawa kabur sesuatu dari rumah tersebut. Judul lain yang bisa menjadi pilihan menarik yaitu When Delia Lost Her Camelia.

Film arahan sutradara Ilham Prajatama ini bercerita tentang adik yang merasa kehilangan sosok kakaknya karena sang kakak telah berkeluarga. Sebelum mengarahkan film ini, Ilham pernah terlibat sebagai penulis skenario untuk film debutnya, Tanggai.

Ia juga pernah mendapatkan penghargaan di Musse Indiefest 2019. Selain film-film tersebut, berikut film lainnya yang bisa ditonton di program ‘JAFF Layar Komunitas ‘Focus on Sumatra’:Daftar Film Lokal Berkualitas yang Dapat Kamu Nikmati Selama April 2024

Baca juga:

Related Articles

Latest Articles